Kenali Penyebab Kutu Air di Tangan dan Cara Mengatasinya

kutu air di tangan

Kutu air menjadi salah satu masalah kulit yang merepotkan yang biasa terjadi di kaki atau tangan. Kutu air di tangan bisa terjadi di telapak tangan atau di sela-sela jari yang sering berkeringat. Jika tidak ditangani dengan benar maka akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Beberapa gejala kutu air di tangan yang akan dialami oleh penderita diantaranya adalah kulit terasa gatal, muncul sensasi terbakar, kering, mengelupas, merah, bersisik, dan tumbuh lenting-lenting dengan cairan bening atau nanah di dalamnya. Tentu, gejala ini akan sangat mengganggu.

Penyebab Kutu Air di Tangan

kutu air di tangan
Hal yang Menyebabkan Kutu Air

Kutu air harus segera ditangani dengan benar agar tidak menimbulkan masalah berkepanjangan. Penyebab utama kutu air adalah infeksi jamur yang menular, seperti Trichophyton, Epidermophyton, dan Microsporum. Penularan kutu air menjadi sangat mudah terjadi. 

Kondisi yang menyebabkan penularan kutu air adalah berada di daerah dengan iklim panas dan lembab. Hal ini akan memudahkan jamur tumbuh dan berkembang cepat. Kontak kulit dengan penderita kutu air juga menjadi penyebab yang paling sering, terlebih jika terdapat luka terbuka.

Penyebab lainnya adalah menggunakan barang pribadi bergantian dengan orang lain, seperti handuk dan sarung tangan. Menggunakan kamar mandi umum juga memudahkan penularan. Penyebab yang terakhir adalah sering melakukan kontak dengan hewan dan menyentuh tanah tanpa sarung tangan.

Cara Mengatasi Kutu Air di Tangan

Selain menggunakan obat-obatan yang bisa didapatkan di apotek, cara mengatasi kutu air di tangan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tentunya bahan alami ini akan lebih dianjurkan. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan adalah:

1. Garam

Garam dapat digunakan untuk mengatasi kutu air karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Juga menghambat pertumbuhan bakteri dan menjadi pencegah penyebaran kutu air. Caranya dengan merendam tangan yang terkena kutu air pada larutan garam selama 20 menit secara rutin. 

2. Baking Soda

kutu air di tangan
Menggunakan Baking Soda untuk Pengobatan Alami

Baking soda mampu melawan infeksi jamur pemicu peradangan kulit. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Setengah cangkir baking soda seberat 115 gr dicampurkan dengan air hangat. Lalu, rendam tangan yang terkena kutu air selama 15-20 menit 2 kali dalam sehari. 

3. Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki sifat antijamur. Caranya adalah dengan menumbuk 4-5 siung bawang putih, kemudian gosok ke tangan yang terkena kutu air 2 kali sehari. Bisa juga dengan mencampur tumbukan bawang putih dengan air hangat, lalu rendam tangan selama 30 menit, 2 kali sehari.

4. Minyak Pohon Teh (tea tree oil)

kutu air di tangan
Menggunakan Minyak Pohon Teh Untuk Obat Alami

Minyak pohon teh bersifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur. Oleh karena itu, bahan ini dapat digunakan sebagai obat kutu air. Cara penggunaannya hanya perlu dioleskan ke tangan yang terkena kutu air. Penggunaan secara rutin akan membantu kutu air cepat sembuh dan hilang total.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat mengatasi kutu air karena jamur tidak dapat tumbuh pada daerah yang asam. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur ½ cangkir cuka sari apel, garam sebanyak 2 sendok, dan air hangat. Selanjutnya, rendam tangan yang terkena kutu air tersebut. 

Itulah penyebab dan cara mengobati kutu air di tangan dengan beberapa bahan alami. Hal yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan agar kutu air tidak semakin menyebar. Jika kutu air tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *