Berbagai Khasiat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

lemon untuk kesehatan

Selama ini, manfaat lemon untuk kesehatan memang sudah tidak asing bagi banyak orang. Buah ini kaya dengan vitamin C yang tinggi serta nutrisi penting lainnya. Seperti flavonoid, polifenol, karotenoid, dan terpenoid yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga tergolong terjangkau dari segi harga. 

Buah lemon juga mengandung sedikitnya 5% asam sitrat yang merupakan sumber vitamin C. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali manfaat jeruk lemon yang dapat dinikmati. Bukan hanya untuk kesehatan saja, lemon juga bermanfaat untuk kecantikan.

5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski memiliki rasa yang asam, buah lemon ternyata menawarkan banyak manfaat dan khasiat. Tidak hanya bagi kesehatan, tetapi juga untuk para wanita yang ingin merawat kecantikan mereka. Nah, beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

1. Merawat Kecantikan Kulit

lemon untuk kesehatan
Lemon untuk Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air lemon secara rutin akan memberikan perubahan besar pada penampilan kulit. Lemon berperan menjadi obat anti-penuaan serta mampu menghilangkan komedo dan kerutan. Bahkan, jika lemon ditempelkan di area luka bakar, maka akan membantu memudarkan bekas luka tersebut.

2. Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat jeruk lemon untuk kecantikan rambut memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Air lemon terbukti bermanfaat untuk perawatan rambut. Nutrisi pada buah lemon dapat mengatasi rambut rontok, ketombe, kulit kepala kering, dan membuat rambut berkilau alami.

3. Meremajakan Kulit Wajah

lemon untuk kesehatan
Lemon bisa Bermanfaat untuk Kulit Wajah yang Sehat

Mengonsumsi air lemon dipercaya mampu membuat kulit tampak lebih segar, menjaga kelembaban kulit, serta dapat mengurangi keriput atau kerutan pada wajah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan alami pada buah lemon.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dapat meningkatkan daya tubuh. Alasannya karena buah lemon kaya antioksidan yang berasal dari bio flavonoid dan vitamin C yang menangkal radikal bebas. Konsumsi air lemon hangat di pagi hari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mengontrol Tekanan Darah

lemon untuk kesehatan
Lemon untuk Tekanan Darah

Bagi penderita darah tinggi, sebaiknya konsumsi air lemon secara rutin. Khasiat ini berasal dari kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam buah lemon. Oleh karena itu, lemon bisa mengontrol tekanan darah serta mengurangi stres mental, serta depresi.

Air lemon adalah bahan alami yang sehat. Tetapi, asam pada jeruk lemon bisa merusak email gigi secara perlahan bila terlalu sering meminumnya. Dan dapat membuat gigi menjadi rentan berlubang. Untuk menghindari efek samping tersebut, ada beberapa tips mengkonsumsi air lemon. 

Tips pertama adalah menggunakan sedotan saat meminumnya. Hal ini bertujuan agar air lemon tidak langsung bersentuhan dengan gigi. Cara kedua adalah dengan menunggu minimal satu jam jika ingin menyikat gigi sesudah minum air jeruk lemon. 

Perlu Anda ketahui bahwa menyikat gigi langsung setelah selesai minum air lemon bisa menyebabkan kerusakan email gigi. Hal ini karena sifat asam air lemon yang bisa melunakkan email gigi. Oleh karena itu, tunggu minimal satu jam setelah minum air lemon. 

Meski demikian, air lemon tetaplah bahan alami yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Agar manfaat lemon untuk kesehatan bisa maksimal, maka konsumsi lemon dengan cara yang tepat. Dengan begitu, maka bisa terhindar dari efek samping yang bisa merusak email gigi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *