Cara Penyembuhan Luka Operasi Agar Pulih Dengan Cepat

luka operasi

Proses penyembuhan luka operasi setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh. Penyembuhan luka itu sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Luka operasi bisa saja gagal sembuh apabila terjadi gangguan pada tahap tertentu. Normalnya, luka bekas operasi dapat pulih selama 2 sampai 4 minggu.

Adapun faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka operasi antara lain adanya jaringan kulit mati atau benda asing di area luka, terjadinya infeksi pada luka, pendarahan yang cukup parah, tubuh kekurangan asupan nutrisi, pasien menderita penyakit tertentu, serta kebiasaan merokok.

Supaya pemulihan luka pasca operasi tidak terhambat, ikuti cara penyembuhan luka operasi yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter memberikan obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri pada bekas operasi. Selain itu, pasien juga diberikan obat untuk mempercepat pengeringan luka.

Perawatan Luka Operasi Agar Cepat Sembuh

Penyembuhan luka tidak hanya dapat dilakukan melalui pengobatan. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar luka cepat sembuh. Bagaimana penyembuhan luka operasi yang benar dan tepat? Simak perawatan, serta pencegahan agar tidak terjadi infeksi berikut ini.:

1. Pastikan Luka Selalu dalam Keadaan Bersih

Memastikan Kebersihan Bekas Luka

Area sekitar luka bekas operasi harus selalu bersih untuk menghindari terjadinya infeksi. Sebelum merawat luka, pastikan tangan dalam keadaan bebas dari kuman. Hal ini untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke luka.

Tidak harus menggunakan sabun antibakteri untuk membersihkan tangan, cukup dengan sabun biasa lalu bilas dengan air mengalir. Sebelum menyentuh luka, tangan tidak boleh dalam keadaan basah. Jadi, keringkan tangan terlebih menggunakan handuk.

2. Hati-hati Saat Mengganti Perban

Mengganti perban merupakan hal yang paling penting dalam proses penyembuhan luka. Melepas dan memasang perban harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak sakit. Pemasangan perban juga dilakukan dengan benar, seluruh luka harus tertutup dengan sempurna.

Coba untuk rutin mengganti perban setiap 24 jam sekali. Jangan terlalu sering mengganti perban, tapi juga jangan terlalu lama membiarkan perban. Supaya lebih aman, tidak ada salahnya memanggil dokter untuk melepas dan memasang perban.

3. Mengoleskan Salep Antibiotik

Memberikan Salep Secara Rutin

Sebelum memasang perban, oleskan sedikit salep antibiotik  pada luka. Antibiotik yang disarankan seperti neosporin atau bacitracin. Jenis antibiotik ini dapat mencegah infeksi pada luka jahitan. Penggunaan antibiotik hanya berdasarkan petunjuk dokter.

Jangan menggunakan obat-obatan yang mengandung hidrogen peroksida, alkohol, atau sabun antibakteri. Kandungan pada obat-obatan tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan. Pasien hanya dianjurkan menggunakan obat berdasarkan resep yang diberikan oleh dokter.

4. Menjaga Jahitan Agar Tidak Robek

Luka membutuhkan perawatan khusus, terutama area perut. Jahitan operasi di area perut lebih rentan robek dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan perut mengalami tekanan ketika batuk, mengejan saat buang air besar, atau bersin.

Untuk mencegah robek pada luka jahitan, lakukan cara seperti menekan bantal dengan lembut di atas perut ketika bersin atau batuk, konsumsi makanan kaya serat agar tidak sembelit, jangan menggaruk luka meskipun terasa gatal, serta jangan melakukan olahraga jika luka belum sembuh total.

5. Jangan Biarkan Luka Terkena Air

Kurangi Kontak Langsung Dengan Air

Perawatan luka yang perlu diperhatikan adalah menjaga luka agar tidak terkena air pada 24 jam pertama. Pasien tidak diperbolehkan mandi di hari pertama pasca operasi. Jika tidak tahan karena risih, pasien hanya boleh menyeka tubuh menggunakan handuk kecil atau spons.

Menerapkan cara perawatan luka operasi yang tepat sesuai anjuran dokter, sangat membantu kelancaran proses penyembuhan. Resiko terjadinya komplikasi pasca operasi juga kecil. Untuk itu, jangan ragu menghubungi dokter ketika terjadi kendala terkait luka operasi.