Aneka Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

makanan rendah kalori yang mengenyangkan

Setiap orang yang sedang melakukan diet berat badan, kerap mengkonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Hal ini karena makanan rendah kalori dapat membantu perut terasa kenyang tanpa perlu makan dengan porsi banyak. Tentunya, ini cocok untuk melakukan diet penurunan berat badan.

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang berbeda-beda. Tergantung dari tingkat aktivitas, jenis kelamin, dan usia. Kalori pada dasarnya merupakan satuan pengukuran. Satuan ini digunakan untuk menunjukkan jumlah energi yang diperlukan saat makanan dicerna dalam tubuh. 

Inilah 5 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Mengonsumsi makanan rendah kalori berguna untuk menyeimbangkan jumlah kalori masuk dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa jenis makanan rendah kalori yang cocok sekali untuk diet. Nah, berikut adalah 5 jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan:

1. Oat

makanan rendah kalori yang mengenyangkan
Menu oat untuk diet yang rendah kalori namun mengenyangkan

Tidak hanya rendah kalori, oat atau biji gandum juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan serat yang ada juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Oat dapat menjadi pilihan menu makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Sebanyak 40 gram oat mengandung 5,5 gram protein dan 3,8 gram serat. Cobalah mengkonsumsi bubur atau sereal oat yang baik untuk pencernaan tubuh. Oat juga memiliki kemampuan untuk menyerap cairan layaknya sebuah spons.

Sehingga ketika dikombinasikan dengan air atau susu, akan butuh waktu lama untuk melewati sistem pencernaan. Akibatnya, perut tidak akan merasa lapar lagi dalam jangka waktu tertentu. Tentunya ini akan sangat baik untuk program diet. 

2. Telur

Selain dikenal sebagai sumber protein, telur juga mengandung vitamin D, A, B2, serta B12.  Telur juga mengandung 9 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Mengkonsumsi telur yang bersifat rendah kalori jauh lebih menyehatkan daripada mengkonsumsi roti.

Telur lebih mengenyangkan jika dikonsumsi bersama kuning telurnya. Anda juga menggunakan telur sebagai bahan tambahan pada menu sehat diet lainnya. Contohnya adalah seperti salad. Dengan begitu makanan yang dikonsumsi bisa lebih bervariasi.

3. Kentang

makanan rendah kalori yang mengenyangkan
Olahan kentang untuk diet yang rendah kalori

Kentang merupakan makanan yang kaya serat. Perlu diketahui bahwa makanan kaya akan serat sangat baik untuk diet. Hal ini karena makanan lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat kenyang lebih lama. Kentang juga merupakan makanan berserat yang rendah kalori.

Jumlah kalori pada kentang lebih sedikit dibandingkan pada nasi putih. Karena kaya akan serat dan rendah kalori, maka mengkonsumsi kentang dalam jumlah banyak tidak akan membuat berat tubuh menjadi bertambah. Kandungan nutrisi yang ada di dalam kentang juga dapat menekan rasa lapar.

Cobalah untuk mengkonsumsi kentang rebus atau kentang panggang sebagai menu sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan menu diet yang enak namun tetap rendah kalori. Tentunya juga bisa mengenyangkan lebih lama. 

4. Apel

Buah-buahan yang kaya serat juga cocok dijadikan menu makanan diet. Nah, salah satu buah yang bisa dipilih adalah apel. Mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya bermanfaat untuk mendapat asupan serat yang tinggi. Apel bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai jus.

5. Ikan

makanan rendah kalori yang mengenyangkan
Olahan diet dari ikan yang lezat dan kaya protein

Ikan termasuk makanan yang rendah kalori dan kaya akan protein. Ikan juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Kandungan minyak dalam ikan juga menjadi sumber omega yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, ikan bisa menjadi pilihan untuk mendapat asupan protein, namun rendah kalori.

Itulah 5 jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan dapat dicoba untuk menjalankan diet. Agar proses diet berhasil, maka setiap makanan yang masuk tubuh harus diperhatikan. Pastikan untuk menjaga pola makan agar impian memiliki berat badan ideal bisa segera terwujud.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *