Kenali Aneka Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung

makanan untuk penderita asam lambung

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang diderita oleh banyak orang. Asupan makanan untuk penderita asam lambung memang perlu diperhatikan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang disukai oleh banyak orang, namun sebenarnya harus dihindari oleh penderita.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Nah, salah satu faktornya adalah makanan. Makanan dengan kadar lemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan masam merupakan beberapa contoh makanan yang memicu naiknya asam lambung.

5 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat

Apabila asam lambung kambuh, penderita akan mengalami gejala seperti perut kembung, mual, muntah, hingga sensasi panas di perut. Gejala ini memberikan rasa yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya. Inilah beberapa makanan yang dianjurkan:

1. Pisang

makanan untuk penderita asam lambung
Buah pisang sangat baik untuk pemilik asam lambung yang tinggi

Mengkonsumsi pisang secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita asam lambung. Buah pisang memiliki pH sekitar 5,6 yang sangat baik untuk menetralisir asam pada lambung. Selain pisang, beberapa jenis buah lainnya yang baik untuk asam lambung adalah apel, pir, dan melon.

2. Sayuran Hijau

Jenis sayuran yang direkomendasikan bagi pengidap asam lambung adalah brokoli kol, kentang, timun, buncis, selada, serta asparagus. Sayuran tersebut memiliki serat tinggi dan kandungannya dapat membantu menurunkan asam lambung.

3. Daging Tanpa Lemak

makanan untuk penderita asam lambung
Pemilik asam lambung dianjurkan memakan daging tanpa lemak

Daging bisa memicu asam lambung. Daging dengan lemak yang tinggi bisa memicu naiknya asam lambung. Itulah sebabnya mengapa penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi daging atau ikan yang rendah lemak. 

Pastikan untuk memilih daging yang rendah lemak tanpa kulit. Bisa juga dengan memperhatikan cara mengolahnya. Konsumsi daging yang pengolahannya dilakukan dengan cara direbus, dipanggang, dibakar, atau dikukus.

4. Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya. Makanan kaya serat ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Sebab, akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Untuk penderita asam lambung, oatmeal bisa mengatasi gejala dengan menyerap asam lambung. Dengan manfaat tersebut tidak heran jika oatmeal sangat dianjurkan untuk penderita asam lambung. Apalagi bisa diolah menjadi banyak menu olahan.

5. Jahe

makanan untuk penderita asam lambung
Asam lambung juga baik diredakan dengan konsumsi jahe

Jenis rempah-rempah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi sebagai bahan dapur penyedap makanan. Bukan hanya bisa memberikan kehangatan, kandungan jahe ternyata juga bisa membantu mengurangi resiko munculnya gejala asam lambung. Diketahui bahwa jahe mengandung anti inflamasi.

Zat inflamasi mampu mengatasi permasalahan pada pencernaan. Jahe juga bersifat sebagai obat alami untuk maag atau penyakit asam lambung. Jahe bisa diolah menjadi minuman hangat dengan cara dipotong atau diparut untuk mendapatkan sarinya. 

Selain memperhatikan asupan makanan, ada beberapa kebiasaan lain yang dapat memicu naiknya asam lambung. Seperti merokok,  makan dengan porsi banyak sekaligus, minum alkohol, serta tidur setelah makan. Jadi berbagai kebiasaan ini harus dihindari.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kambuhnya asam lambung bisa diminimalisir. Selain itu, tubuh bisa menjadi lebih sehat. Jika asam lambung sering kambuh padahal sudah menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. 

Nantinya, dokter akan memberikan solusi atau tindakan untuk mengatasi masalah asam lambung tersebut. Dengan begitu bisa diberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan anjuran medis. Semoga informasi ini bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *