Daftar Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sangat Dianjurkan

makanan untuk penderita diabetes

Penyakit diabetes berkaitan dengan kadar gula dalam tubuh yang tinggi. Maka dari itu, makanan untuk penderita diabetes perlu diperhatikan agar kadar gula dalam darah tetap aman dan terjaga. Jika salah asupan makanan, maka kadar gula darah penderita diabetes akan semakin tinggi.

Kadar gula darah penderita diabetes yang semakin tinggi dapat beresiko terhadap kesehatannya. Gangguan yang dapat terjadi misalnya kelelahan, pusing, gagal ginjal, kerusakan saraf, penyakit jantung, dan masalah pada mata. Bahkan, bisa kehilangan kesadaran (koma). 

Inilah 5 Makanan untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes dianjurkan untuk mengatur pola makan khusus, yaitu mengonsumsi makanan bergizi yang rendah kalori dan lemak. Inilah 5 makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan. Yuk, disimak!

1. Oatmeal

makanan untuk penderita diabetes
Menu makanan oatmeal sangat dianjurkan untuk penderita diabetes

Jenis makanan pertama adalah Oatmeal. Oatmeal adalah salah satu makanan yang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi penderita diabetes. Makanan ini berbentuk bubuk dengan serpihan kasar berupa oat groats, yaitu cornmeal, oatmeal, dan piecemeal yang telah dihaluskan. 

Makanan ini bisa sebagai pengganti nasi. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan buah-buahan segar, misalnya strawberry, blueberry dan pisang sebagai tambahan. Perlu diingat, jangan ditambah gula agar kandungan gula dalam oatmeal tidak menjadi tinggi.

2. Nasi Merah

Makanan utama orang Indonesia identik dengan nasi, dan selalu menjadi pilihan nomor satu untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Namun, bagi penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi putih. Sebagai gantinya, penderita diabetes dapat mengkonsumsi nasi merah. 

Nasi merah memiliki kadar gula yang lebih rendah dibanding nasi putih. Tidak heran jika jenis nasi ini akan lebih dianjurkan karena akan jauh lebih sehat. Nasi merah juga bisa menjadi opsi untuk diet yang efektif.

3. Sayur Hijau

makanan untuk penderita diabetes
Olahan sayuran hijau yang sangat sehat

Sayur hijau merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Sayur hijau yang direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah bayam dan brokoli. Menurut penelitian, sayur bayam adalah sayur hijau yang mengandung banyak nutrisi lutein. 

Brokoli banyak mengandung senyawa sulforaphane yang dapat memperbaiki serta melindungi dinding pembuluh darah terhadap kerusakan kardiovaskular. Kedua jenis sayuran hijau ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Terutama bagi penderita diabetes.

4. Ikan laut dan Daging

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi ikan laut asal memperhatikan cara pengolahan makanan tersebut. Pilihlah ikan-ikan yang mengandung omega 3, seperti sarden, salmon, dan ikan tuna. Hindari ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti misalnya ikan tongkol. 

Sementara itu, daging yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah daging tanpa lemak. Penderita diabetes tetap diperbolehkan mengkonsumsi daging asam lemak dibuang dan tidak berlebihan. Cara memasaknya bisa dengan dipanggang dan tidak diperbolehkan digoreng, agar lebih sehat.

5. Tomat dan Ubi Jalar

makanan untuk penderita diabetes
Pilihan menu dari ubi jalar yang menyehatkan

Rekomendasi selanjutnya untuk penderita diabetes adalah buah tomat dan ubi jalar. Kedua makanan ini memiliki banyak manfaat yang dapat diserap oleh tubuh khususnya penderita diabetes. Tomat mengandung lutein dan likopen yang berguna melindungi pembuluh darah dan ginjal akibat diabetes. 

Segelas jus tomat dapat mengurangi penggumpalan darah akibat diabetes. Ubi jalar juga aman dikonsumsi penderita karena memiliki indeks glukosa rendah. Menurut penelitian, ubi jalar dapat mengurangi HbA1c sebanyak 0,3 sampai 0,57 persen dan mempercepat proses metabolisme gula darah. 

Demikian beberapa rekomendasi makanan untuk penderita diabetes. Tidak semua pasien diabetes memiliki kondisi tubuh yang sama. Sehingga sebaiknya konsultasi terhadap dokter terkait daftar makanan yang dianjurkan atau tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *