5 Rekomendasi Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

makanan untuk tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Darah rendah terdeteksi saat dokter melakukan pemeriksaan tekanan darah. Hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah. 

Tekanan darah normal adalah berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Sementara jika angkanya berada di bawah 90/60 mmHg, maka dikatakan darah rendah. Gejala yang muncul bisa berupa pusing, lemas, pandangan kabur, mual, dan merasa seperti akan pingsan. 

Pada orang sehat, tekanan darah rendah biasanya tidak memunculkan gejala, serta tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun, lansia dan pasien dengan penyakit tertentu yang mengalami tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala. Sehingga diperlukan pengobatan.

5 Rekomendasi Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Bagi orang yang memiliki tekanan darah yang cenderung rendah, akan disarankan untuk memperhatikan asupan makanannya. Asupan makanan tersebut khusus bagi penderita darah rendah. Inilah beberapa rekomendasi makanan untuk tekanan darah rendah tersebut:

1. Makanan yang Kaya Vitamin B12

makanan untuk tekanan darah rendah
Berbagai jenis makanan dengan kandungan vitamin B12

Bahan makanan dengan kandungan vitamin B12 baik untuk penderita tekanan darah rendah. Beberapa bahan makanan tersebut diantaranya adalah daging ayam, daging sapi, telur, susu rendah lemak, sereal, dan hati sapi. Pastikan untuk mengolah bahan makanan menjadi makanan sehat.

2. Makanan yang Rasanya Asin

Makanan untuk tekanan darah rendah selanjutnya adalah makanan yang asin. Asupan garam yang dianjurkan bagi penderita darah rendah adalah antara 4,5 – 5 gram per hari. Diantaranya adalah ikan asin, makanan kalengan, serta hidangan yang ditambahkan garam.

3. Makanan yang Tinggi Folat

makanan untuk tekanan darah rendah
Konsumsi makanan dengan kandunga folat yang tinggi

Selain garam, penderita tekanan darah yang rendah juga dianjurkan mengkonsumsi garam. Folat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Maka dari itu, makanan dengan kandungan folat yang tinggi sangat direkomendasikan untuk penderita .

Jenis makanan tersebut diantaranya adalah sayuran berwarna hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu juga beberapa jenis buah-buahan, seperti pisang, alpukat, dan pepaya. Penderita darah rendah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini.

4. Minuman atau Makanan Berkafein

Kafein dibutuhkan untuk meningkatkan tekanan darah. Kandungan kafein pada coklat,  teh, atau kopi diketahui bisa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah untuk sementara waktu. Akan tetapi, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman berkafein di malam hari.

5. Makanan dengan Kandungan Banyak Air

makanan untuk tekanan darah rendah
Asupan air yang harus diperhatikan

Semua orang tentu membutuhkan asupan air yang cukup. Apalagi bagi penderita tekanan darah rendah. Pasien darah rendah sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup. 

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan bagi penderita tekanan darah rendah. Perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita darah rendah. Sebab, bersifat menurunkan tekanan darah.

Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan penderita darah rendah. Diantaranya adalah seledri, bawang putih, dan mentimun. Selain itu, makanan berminyak, makanan asam, hingga makanan cepat saji. 

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terkait pola makan yang baik bagi penderita darah rendah. Pastikan untuk menerapkan pola makan yang baik agar kesehatan selalu terjaga. Dengan begitu, kondisi tekanan darah rendah tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan. 

Menjaga pola makan memang sangat penting bagi penderita tekanan darah rendah. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *