Daftar Makanan yang Berkalsium Tinggi, Wajib Dikonsumsi!

makanan yang berkalsium tinggi

Mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda. Kalsium merupakan jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh sebagai penunjang kesehatan. Apabila tubuh sampai kekurangan kalsium, berbagai risiko penyakit berbahaya akan muncul.

Kebutuhan kalsium dapat dipenuhi dari jenis makanan yang banyak mengandung kalsium. Namun, sebagian orang justru tidak mencapai kecukupan kalsium yang dibutuhkan dari makanan. Kebanyakan, lebih memilih untuk mengkonsumsi kalsium tambahan dalam bentuk multivitamin.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sumber makanan yang kaya akan kalsium. Tidak hanya ada pada produk olahan susu saja, namun makanan lain juga banyak mengandung kalsium. Namun sebelumnya, Anda juga harus mengetahui fungsi kalsium bagi tubuh.

Fungsi Kalsium Bagi Tubuh

makanan yang berkalsium tinggi
Mengenal fungsi kalsium untuk tubuh

Makanan dengan kalsium tinggi mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain baik untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan saraf, melancarkan aliran darah serta dapat mencegah osteoporosis. Berikut manfaat lainnya:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagian besar kalsium, tersimpan pada gigi dan tulang. Kebutuhan mengkonsumsi kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Kalsium memelihara kepadatan tulang hingga usia 25 tahun. Selanjutnya, kalsium melindungi tulang dan memperlambat osteoporosis.

2. Mengatur Kontraksi Otot

Kalsium  berperan dalam mendukung kontraksi otot. Termasuk berdetaknya jantung, yang juga merupakan proses kontraksi otot. Kalsium akan dilepaskan saat saraf merangsang otot, sehingga protein otot berkontraksi. Selanjutnya, saat kalsium dipompa keluar otot, otot akan kembali rileks.

3. Membantu Proses Pembekuan Darah

Kalsium menjadi unsur penting yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah. Kalsium akan dibantu vitamin K dan protein yang bernama fibrinogen, sebagai proses penyembuhan luka dalam tubuh. Jika kalsium dan vitamin K tidak mencukupi, maka yang terjadi adalah pendarahan pada luka.

Daftar Makanan yang Berkalsium Tinggi

makanan yang berkalsium tinggi
Berbagai makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi

Makanan berkalsium tinggi, bisa Anda dapatkan dari produk susu dan olahannya. Namun selain itu, kalsium juga banyak terkandung dalam makanan selain susu, seperti sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selengkapnya ada di ulasan berikut ini:

1. Produk Olahan Susu

Kalsium dari susu akan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan kalsium dari tanaman. Semua jenis susu, terutama susu rendah lemak, menjadi sumber kalsium terbaik untuk tubuh Anda. Kalsium tinggi juga bisa didapatkan di produk olahan susu, seperti berikut:

a. Yoghurt

Semua jenis yoghurt merupakan makanan berkalsium tinggi. Selain itu juga mengandung probiotik hidup untuk menjaga metabolisme tubuh. Pada satu cangkir yoghurt yang rendah lemak mengandung 45 persen dari kebutuhan kalsium harian untuk tubuh Anda yang disarankan.

b. Keju

Beberapa jenis keju seperti mozarella, parmesan dan cheddar juga mengandung kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium yang paling tinggi, ada pada jenis keju parmesan. Setiap 30 gramnya, mengandung kalsium sekitar 330 mg. Setara dengan 33 persen asupan kalsium yang disarankan per hari.

2. Makanan yang Berkalsium Tinggi Selain Susu

Selain dari susu dan produk olahannya, ada jenis makanan lain yang juga tinggi kalsium. Jenis makanannya meliputi sayuran, makanan laut, kacang-kacangan, hingga makanan olahan dari gandum. Inilah beberapa jenis makanan tersebut: 

  1. Sayuran hijau : bayam, sawi, lobak, kale, brokoli
  2. Makanan laut : ikan tongkol, salmon dan sarden
  3. Kacang-kacangan dan biji-bijian : kacang tanah, wijen, kedelai, almond dan biji chia
  4. Olahan gandum : roti, oatmeal, sereal

Memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan yang berkalsium tinggi tentu lebih sehat. Apalagi jika asupannya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Kebutuhan kalsium harus dipenuhi, terutama pada orang yang sudah terindikasi kekurangan kalsium, sehingga mengurangi risiko osteoporosis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *