Inilah Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Dalam tubuh setiap manusia terdapat zat-zat yang membantu kerja tubuh salah satunya adalah kolesterol. Kolesterol merupakan zat yang berfungsi untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan lain-lain. Ada dua jenis kolesterol dalam darah manusia yaitu Kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

Jenis kolesterol yang paling banyak mendapat perhatian adalah kolesterol LDL. Kolesterol jenis ini disebut juga kolesterol jahat karena jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan lemak dan berakibat timbulnya penyakit seperti serangan jantung. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kadar LDL dalam tubuh tidak meningkat secara drastis.

Gambar 1

Usaha-usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan LDL tubuh diantaranya menjalani pola hidup yang sehat dan mengetahui makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Menjaga kadar LDL memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam menjalani pola hidup yang sehat. Namun jika kadar LDL sudah terlanjur tinggi, maka menjaga pola makan bisa menjadi salah satu alternatif terapi LDL yang cukup manjur untuk menjaga agar kadar LDL tidak terus meningkat.

Menemukan jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar LDL masih menjadi hal yang sulit dilakukan. Namun para penderita kolesterol bisa berusaha mempertahankan kadar LDL agar tidak terus meningkat salah satunya dengan memperbaiki pola makan dan menghindari makanan pemicu kolesterol. Hal inilah yang membuat para penderita kolesterol wajib mengenali makanan-makanan tersebut. Berikut 3 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol agar kadar LDL tidak meningkat.

Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Di Indonesia banyak makanan yang diolah dengan cara di goreng. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan metode pengolahan ini, namun hal ini hanya berlaku jika minyak goreng yang digunakan dalam kondisi bersih.

Jika minyak goreng digunakan berkali-kali maka akan menyebabkan tingkat kolesterol LDL meningkat karena kondisi minyak yang sudah tidak bersih lagi bahkan bisa menyebabkan radikal bebas.

Maka dari itu sangat disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Membatasi konsumsi makanan yang digoreng bisa membantu menjaga kadar LDL baik bagi yang sudah menderita kolesterol tinggi ataupun belum.

Apa Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolestrol?

Jeroan

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol selanjutnya adalah jeroan. Makanan yang satu ini sudah terkenal bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan yang berasal dari jeroan hewan ini menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam darah meningkat. Agar terhindar dari peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah, maka sangat disarankan untuk meminimalisir konsumsi makanan tersebut.

Beberapa jeroan yang sering dikonsumsi masyarakat umum diantaranya adalah hati, usus, ampela, dan jantung. Dibandingkan mengkonsumsi jeroan, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi daging dengan lemak yang rendah.

Makanan Cepat Saji

Makanan yang satu ini menjadi makanan yang paling banyak diketahui oleh publik sebagai makanan penyumbang kadar kolesterol. Penyebab makanan cepat saji mampu meningkatkan akdar kolesterol tidak lain karena proses pengolahan dan kandungan gizi yang kurang lengkap.

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol ini melewati serangkaian proses pengolahan yang cukup panjang sehingga menyebabkan kandungan gizi pada bahan makanan berkurang.

Selain ketiga makanan diatas, beberapa makanan lain yang harus dihindari agar LDL tidak meningkat bahkan sudah sangat akrab di dapur rumah tangga masyarakat. Jika Anda sering mengkonsumsi telur ayam dan kulit ayam, maka Anda harus berhati-hati jangan sampai LDL Anda meningkat. Selain itu, konsumsi udang berlebih juga bisa menyebabkan LDL Anda meningkat.

Itulah 3makanan yang wajib dihindari penderita kolesterol agar kadar kolesterol dalam darah tidak bertambah. Menghindari dan meminimalisir konsumsi makanan-makanan tersebut sangat penting dilakukan saat kadar kolesterol Anda berada dalam tahap normal. Menjaga pola hidup dan pola makan yang baik akan menyelamatkan kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *