Mitos yang Salah, Ini Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

manfaat buah nangka

Sama halnya dengan buah nanas dan durian, nangka merupakan buah yang dianggap memiliki banyak mitos. Akibatnya, banyak ibu hamil yang berusaha menghindari konsumsi buah nangka karena banyaknya mitos yang beredar di masyarakat. Mitos tersebut menyatakan bahwa buah nangka dapat mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.  Pada dasarnya, nangka adalah buah yang kaya akan vitamin A, C, Asam Folat, Zat Besi, Niasin, Kalsium, Tiamin, Riboflavin, Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, dan Mineral. Nangka bahkan memiliki kadar kolesterol, sodium, dan lemak jenuh yang cukup rendah. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, manfaat buah nangka tentunya sangat banyak. Lalu, apakah benar jika buah ini dapat mengancam kesehatan janin?

Manfaat Buah Nangka untuk Ibu Hamil

manfaat buah nangka
Buah Nangka untuk Ibu Hamil

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan jika buah nangka memiliki kandungan berbahaya untuk janin. Buah nangka adalah buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi dengan catatan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tentunya akan mendatangkan efek yang kurang baik. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat buah nangka untuk ibu hamil, antara lain:

1. Serat Tinggi 

Nangka memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil. Konsumsi serat yang cukup serta diimbangi dengan nutrisi lainnya tentu akan membantu ibu hamil terhindar dari masalah sembelit.

2. Kaya dengan Mineral 

Buah Nangka sangat kaya akan mineral, seperti magnesium. Kandungan mineral yang tinggi akan membantu penyerapan kalsium pada tubuh ibu hamil.

3. Mengandung Kalium 

Nangka mengandung banyak zat kalium yang sangat bagus guna menjaga tekanan darah pada ibu hamil agar tetap stabil. Selain itu, nangka juga siap menjaga kesehatan jantung pada masa-masa kehamilan.

4. Mencegah Anemia 

Buah Nangka yang dikonsumsi secara rutin akan membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Hal ini karena nangka memiliki kandungan zat besi yang bisa meningkatkan oksigen serta sel darah merah dalam darah.

5. Menjaga Fungsi Mata 

Nangka yang dikonsumsi secara rutin juga dapat menjaga fungsi mata, baik pada ibu hamil atau pun pada janin yang sedang dikandung.

Manfaat untuk Program Diet

manfaat buah nangka
Nangka Bisa untuk Diet

Di balik rasanya yang manis dan enak, buah nangka ternyata juga menyimpan lainnya, khususnya untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nangka untuk diet:

1. Rasa Kenyang Lebih Lama

Nangka mengandung serat yang tinggi. Orang yang mengkonsumsi nangka akan merasa kenyang pada waktu yang lebih lama dibandingkan jika mengkonsumsi jenis makanan lainnya.

2. Mempercepat Pembentukan Otot

Nangka mampu mengubah lemak menjadi otot-otot yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Hal ini karena nangka mengandung zat kalium dengan jumlah yang melimpah. Kalium sendiri merupakan zat yang bisa menunjang perkembangan serta pemulihan otot-otot di dalam tubuh.

3. Tidak Menyebabkan Gendut

manfaat buah nangka
Jus Buah Nangka

Konsumsi buah nangka dengan jumlah banyak ternyata tidak akan membuat kita menjadi gendut. Hal ini karena nangka mengandung banyak vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Saat dikonsumsi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka tidak akan menyebabkan terjadinya penambahan berat badan.

4. Sedikit Kandungan Sodium

Umumnya, orang dengan kelebihan berat badan adalah mereka yang memiliki kelebihan sodium di dalam tubuhnya. Tetapi tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi nangka karena buah ini sangat rendah sodium, sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan.

5. Bebas Kolesterol 

Nangka memiliki kandungan zat sukrosa dan fruktosa yang mampu mengubah lemak menjadi energi. Jadi, kandungan zat pada buah nangka tersebut tidak akan membuat lemak menjadi menumpuk di dalam tubuh, melainkan akan diubah menjadi cadangan energi bagi tubuh.

Poin-poin di atas merupakan sedikit gambaran dari sekian banyaknya manfaat buah nangka untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan diet, buah berwarna kuning ini juga menawarkan banyak manfaat lainnya. Jadi, tidak perlu mendengarkan mitos-mitos di luar sana yang menyatakan bahwa nangka memberikan efek buruk untuk kesehatan. Karena pada kenyataannya buah ini memiliki banyak sekali manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *