Berbagai Manfaat Buah Persik dan Kandungan Nutrisinya

manfaat buah persik

Buah persik atau dalam bahasa latinnya disebut Prunus Persica (L) adalah buah yang mirip dengan apel. Hanya saja, buah persik ini memiliki daging buah yang lebih berwarna kuning dengan tekstur agak lunak. Manfaat buah persik juga dikenal sangat beragam bagi tubuh. 

Buah persik menjadi salah satu buah favorit karena memiliki rasa yang lezat dan juga segar. Buah ini memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Kandungan nutrisi buah persik diantaranya adalah kalsium, magnesium, serat, protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 

Buah persik juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan kalori yang ada pada buah persik juga tidak terlalu banyak. Sehingga cocok sekali dikonsumsi ketika sedang melakukan program diet.

Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

Buah persik dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah persik, tidak heran jika buah ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat buah persik untuk kesehatan:

1. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

manfaat buah persik
Buah yang Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada buah persik membuatnya menjadi solusi mengatasi masalah pencernaan. Seperti sembelit atau sulit buang air besar. Selain itu buah ini juga bisa mengurangi resiko radang usus pada pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah persik memiliki kandungan Vitamin C untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Buah persik juga mampu mencegah penuaan dini tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, kandungan protein yang terdapat dalam buah persik juga dapat membantu penyembuhan luka. 

3. Mencegah Pertumbuhan dan Penyebaran Sel Kanker

manfaat buah persik
Baik Dikonsumsi untuk Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Manfaat penting lainnya dari buah persik adalah dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kandungan antioksidan berupa karotenoid dan asam caffeic memiliki sifat anti kanker. Antioksidan lain seperti polifenol juga terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. 

Akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas zat-zat tersebut dalam pengobatan penyakit kanker. Walaupun begitu, buah persik masih dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk kanker dan menjaga kesehatan tubuh. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. 

4. Menjadikan Mata Lebih Sehat

Manfaat lain dari buah persik adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten, beta cryptoxanthin, dan alfa karoten, dan vitamin A dalam buah persik sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini bisa dikonsumsi secara rutin bagi yang memiliki gangguan pada mata.

5. Mengurangi Reaksi Alergi

manfaat buah persik
Membantu Mengurangi Reaksi Alergi Tubuh

Ketika tubuh terpapar alergen, maka tubuh akan melepaskan histamin. Pelepasan Histamin ini akan memicu reaksi alergi seperti batuk, gatal, ruam kulit, dan bersin. Buah persik dapat berperan dalam mengurangi gejala alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin dalam darah. 

Dengan bermanfaat yang dimiliki oleh buah persik, tidak heran jika buah ini sangat digemari masyarakat untuk dikonsumsi. Dengan rajin mengkonsumsi buah persik, maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terawat. Baik kesehatan tubuh maupun kulit. 

Nah, itulah berbagai manfaat buah persik serta kandungan lengkap yang ada di dalamnya. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah ini. Yuk, rutin konsumsi buah persik agar tubuh mendapatkan banyak manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *