Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil yang Sangat Menyehatkan

manfaat kacang almond untuk ibu hamil

Ibu hamil tentu membutuhkan nutrisi lengkap untuk mendukung perkembangan janin. Nah, salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kacang almond. Selain memiliki rasa yang sangat enak, manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga sangat banyak.

Kandungan nutrisi pada kacang almond sangat beragam. Dalam setiap 28 gram kacang almond, terkandung nutrisi 6 gram protein, 3,5 gram serat, 37% Vitamin E, 14 gram lemak, 32% Mangan, dan 20% Magnesium. Juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B2, kalsium, zat besi, dan asam folat.

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Karena nutrisinya yang lengkap, tidak heran jika kacang almond memberikan banyak manfaat untuk Ibu hamil. Oleh karena itu, tidak heran jika kacang almond sangat dianjurkan sebagai makanan ringan pada masa kehamilan. Bonusnya, rasa dari kacang ini juga enak dan gurih. 

1. Melancarkan Sistem Metabolisme

manfaat kacang almond untuk ibu hamil
Membantu Metabolisme Tubuh

Kacang almond merupakan sumber lemak sehat dan karbohidrat yang bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah. Kacang ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami diabetes atau obesitas karena bisa mengurangi berat badan. Namun, tetap dapat membantu meningkatkan berat janin.

2. Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Kacang almond dipercaya dapat meningkatkan perkembangan otak bayi dan mencegah terjadinya cacat saraf. Pasalnya, kacang ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Ini berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf bayi serta mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi.

3. Membantu Pertumbuhan Janin

manfaat kacang almond untuk ibu hamil
Pertumuhan Janin Terjaga dengan Kacang Almond

Khasiat kacang almond selanjutnya adalah membantu pertumbuhan janin supaya tetap sehat. Magnesium yang terkandung di dalamnya sangat berperan dalam perkembangan sistem saraf pusat janin. Selain itu, juga berperan untuk mengurangi risiko janin tumbuh lambat serta preeklampsia.

4. Menjaga Kesehatan Ibu dan janin 

Vitamin B2 dan riboflavin adalah nutrisi penting dalam kacang almond. Riboflavin berperan dalam perkembangan kognitif, produksi energi, dan menjaga kesehatan. Sementara itu, vitamin B2 berperan dalam kesehatan kulit, saluran pencernaan, mata, sel darah, dan organ vital lainnya.

5. Meningkatkan Massa Otot Bayi

manfaat kacang almond untuk ibu hamil
Memperkuat Massa Otot Bayi

Almond memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat membantu perkembangan massa otot. Selain itu, almond juga membantu bayi supaya memiliki berat badan yang ideal. Bagi Ibu hamil, protein dapat menambah energi dan mengatasi rasa sakit pada proses melahirkan.

Meskipun menawarkan banyak manfaat, namun kacang almond tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena menyebabkan efek samping. Jika berlebihan bisa terjadi overdosis vitamin E. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, diare, dan penglihatan kabur.

Selain itu, konsumsi kacang almond berlebihan pada Ibu hamil juga bisa menyebabkan kembung dan sembelit. Hal ini karena almond kaya akan serat yang sebenarnya bagus untuk pencernaan. Namun, jika tidak terbiasa konsumsi serat dengan banyak, maka yang terjadi adalah sembelit.

Jumlah kacang almond yang direkomendasikan untuk dikonsumsi yaitu sebanyak 1 ons. Sebaiknya jangan mengkonsumsi almond melebihi dosis yang dianjurkan. Dengan begitu, maka manfaat kacang almond untuk Ibu hamil akan terasa dan bebas dari efek samping yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *