Sejuta Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak atau lemak yang dihasilkan dari proses penggilingan buah zaitun. Manfaat minyak zaitun dapat dirasakan baik untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan vitamin E, vitamin K, antioksidan, kalsium,  zat besi, dan kalium yang ada pada minyak ini. 

Pada umumnya, minyak zaitun digunakan untuk memasak agar jauh lebih sehat. Tetapi, jenis minyak yang satu ini juga sangat populer sebagai bahan alami perawatan kecantikan yang murah meriah. Bahkan berbagai produk kecantikan diketahui memiliki kandungan zaitun di dalamnya. 

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak zaitun memang sangat kaya akan manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak zaitun juga banyak memberikan manfaat untuk kecantikan. Nah, berikut ini adalah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Hati

manfaat minyak zaitun
Memasak Menggunakan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan hati. Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak zaitun bisa melindungi organ hati dari stres oksidatif, yaitu faktor risiko utama dari penyakit kanker, jantung, dan gangguan sistem kekebalan tubuh. 

2. Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Minyak zaitun berpotensi melindungi tubuh dari serangan kanker payudara. Menurut para peneliti, khasiat minyak zaitun yang satu ini tidak ditemukan pada minyak nabati lainnya. Pada minyak jagung misalnya, justru diketahui memiliki efek negatif, yaitu dapat menyebabkan sel tumor semakin ganas.

3. Mengatasi Rambut yang Bercabang

manfaat minyak zaitun
Memelihara Kesehatan Rambut

Manfaat zaitun untuk rambut memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Antioksidan tinggi yang terdapat dalam minyak zaitun merupakan alasan mengapa minyak ini dapat memperbaiki keadaan rambut kering dan bercabang sebagai akibat dari polusi dan paparan sinar matahari. 

Minyak zaitun dapat terserap jauh ke dalam kulit kepala dan akar rambut, sehingga akan memberikan kelembaban yang sangat dibutuhkan oleh rambut rusak. Selain itu, minyak zaitun juga menjadi perisai yang melindungi batang rambut serta menjaga rambut bervolume, halus, dan mudah diatur.

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau 

Minyak zaitun kaya akan vitamin A, Vitamin K, Vitamin E, dan antioksidan. Berbagai kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi keratin rambut serta menjaga kelembaban rambut. Keratin adalah suatu protein yang membentuk rambut dan berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Minyak zaitun juga berperan dalam mengatasi produksi minyak rambut yang berlebih. Hal ini akan menghambat pertumbuhan folikel rambut baru dan pertumbuhan rambut pun menjadi terhambat. Minyak zaitun yang dipakai secara rutin akan membuat rambut berkilau alami.

5. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

manfaat minyak zaitun
Kulit Terjaga dengan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selain bisa melembabkan kulit juga dapat mengatasi kondisi kulit yang gatal, kering, iritasi, dan kemerahan. Pasalnya, minyak ini mengandung oleokantal yang dapat menghilangkan rasa tidak nyaman akibat dari peradangan di area kulit wajah.

Jika setelah mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh tertentu menimbulkan tanda-tanda alergi, misalnya kemerahan, gatal, dan muncul ruam pada kulit. Maka akan dianjurkan untuk langsung menghentikan pemakaian. Setelah itu segera ke dokter untuk mendapat penanganan.

Idealnya, minyak zaitun berkualitas tidak akan memnimbulkan bau anyir yang tidak sedap, dan sangat segar. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah beli. Dengan membeli minyak zaitun yang berkualitas, maka manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan pun akan diperoleh lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *