Manfaat Sampah Anorganik yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun merupakan penyebab kerusakan lingkungan, manfaat sampah anorganik dapat terasa jika mengetahui cara pengolahan dengan tepat. Dengan pengolahannya yang tepat maka akan mengurangi ancaman kerusakan lingkungan

Sampah anorganik ini merupakan sampah yang berasal dari bahan non hayati, baik itu berupa produk sintetis ataupun limbah hasil dari proses teknologi pengolahan SDA (Sumber Daya Alam) yang tidak dapat diuraikan oleh alam. Artinya, jenis sampah ini tidak dapat terurai oleh bakteri dengan cara alami. Meskipun demikian, sebenarnya sampah ini dapat memungkinkan untuk melaui proses penguraian, tetapi memerlukan waktu yang sangat lama.

Sampah anorganik menjadi salah satu masalah yang cukup besar bagi peradaban, karena sampah ini memiliki banyak dampak negatif bagi kehidupan. Beberapa di antaranya banyak yang dapat mencemari lingkungan karena tidak dapat terurai dalam waktu yang singkat.

Waktu yang diperlukan untuk penguraian sampai anorganik ini bisa dalam waktu ratusan, bahkan ribuan tahun untuk dapat mengurai dengan cara alami. Oleh sebab itu, upaya untuk meminimalisir pengunaannya dan pemanfaatannya sangat diperlukan demi kelangsungan peradaban.

Untuk mengurangi sampah anorganik mungkina akan sedikit susah, namun untuk mengatasi sampah yang sudah ada kita dapat mulai memanfaatkanya agar lebih bernilai. Nah, apa saja manfaat sampah anorganik? Berikut ini beberapa di antaranya.

Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan

Dengan kreativitas, sampah anorganik dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dihasilkan pun dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bisa dikembangkan untuk bisnis.

Contohnya pada sampah botol plastik yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan dengan aneka versi, seperti pigura, hiasan dinding, tas, peralatan rumah tangga, dan masih banyak yang lainnya.

Pembuatan Bahan Daur Ulang

Pemanfaatan sampah untuk bahan daur ulang biasanya berasal juga dari botol plastik. Sampah botol ini biasanya dikumpulkan kemudian didaur ulang. Pastinya dengan proses daur ulang, dapat mengurangi penumpukan sampah yang tidak dapat terurai ini.

Dengan proses daur ulang ini, limbah dapat berguna dan tidak sekadar menjadi benda yang dibuang. Meskipun begitu, perlu dicermati bahwa tidak semua limbah dapat didaur ulang kembali.

Reusable (penggunaan kembali)

Manfaat sampah anorganik lainnya yaitu sampah tersebut dapat digunakan kembali atau reusable. Ketika tidak terpakai lagi jangan langsung dibuang melainkan dapat dipakai untuk keperluan lainnya, sehingga tidak menjadi limbah yang akan mencemari lingkungan.

Pemanfaatan ini biasanya pada sampah anorganik seperti kardus bekas peralatan elektronik. Kardus yang tidak dapat diuraikan dengan cepat ini, sebaiknya dimanfaatkan untuk kepentingan yang lainnya.


Manfaat sampah organik

Bahan Pembuatan Mainan

Beberapa jenis sampah anorganik dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan mainan anak kecil. Misalnya untuk membuat kincir angin dari bekas gelas minuman dan membuat mobil mainan dari botol plastik. Manfaat sampah organik ini juga menghemat pembelian mainan anak yang mana harganya semakin mahal.

Dibuat Hiasan serta Mengasah Kreativitas Anda

Berbagai sampah anorganik yang ada tentu bisa juga diolah menjadi benda-benda dengan kreativitas tinggi. Dengan begitu akan meningkatkan kemampuan dan kreativitas Anda dalam menciptakan produk baru yang kaya inovasi. Dengan peningkatan kreativitas tersebut, Anda dapat menciptakan sebuah benda baru dari samaph anorganik yang lebih bermanfaat dan tentunya dengan memiliki nilai seni.

Itulah beberapamanfaat sampah anorganik yang wajib Anda ketahui. Mari mulai menjaga lingkungan dimulai dari tindakan diri sendiri, lalu mengajak orang lain untuk berkontribusi membangun lingkungan sehat dan nyaman.M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *