Kenali Segudang Nutrisi dan Manfaat Talas untuk Kesehatan

manfaat talas

Menjadi salah satu bahan makanan, talas ternyata tidak sepopuler ubi atau kentang. Talas sendiri merupakan jenis umbi-umbian yang kebanyakan tumbuh di daratan asia, amerika, dan afrika. Di wilayah indonesia, tumbuhan dengan nama latin Colocasia esculenta ini umumnya disulap menjadi beragam jenis makanan yang sangat lezat, seperti bolu, kolak, keripik, bubble tea, dan es campur. Selain rasanya yang sangat enak, talas ternyata juga memiliki aneka kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berikut informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat talas untuk kesehatan.

Aneka Kandungan Nutrisi Pada Talas

manfaat talas
Umbi Talas yang Bermanfaat

Dalam satu porsi talas yang telah dimasak sebanyak 150 gram, terkandung aneka macam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah sekitar 4 gram protein, 150-200 kalori, 150-170 mg kalsium, 5-7 gram serat, 60-70 mg fosfor, 450-600 mg kalium, dan 30-50 mg magnesium.

Bukan hanya itu saja, kandungan nutrisi dalam talas juga diperkaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat kompleks, serta mineral tembaga dan zat besi. Aneka nutrisi tersebut menjadikan tanaman talas sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki peran penting untuk memelihara fungsi dan kesehatan organ tubuh.

Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh

Mengingat bahwa tanaman umbi talas sangat kaya akan nutrisi, maka tidak heran jika manfaatnya sangat banyak. Nah, berikut ini adalah aneka manfaat umbi talas untuk kesehatan:

1. Membantu Terhindar dari Risiko Kanker

manfaat talas
Umbi Talas bisa Mencegah Kanker

Banyaknya paparan radikal bebas tentu dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan antioksidan sebagai penangkal efek radikal bebas. Umbi talas dipercaya mampu mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker karena kaya akan kandungan antioksidan dalam bentuk vitamin C, vitamin E, dan polifenol.

2. Menurunkan Risiko Darah Tinggi

Umbi talas kaya akan kandungan potasium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dalam pembuluh darah. Maka dari itu, talas sangat baik dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi. 

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan nutrisi dalam talas dapat membantu menjaga kesehatan usus dan lambung. Talas dapat membantu makanan agar diserap dan dicerna dengan baik oleh usus dan lambung, sehingga proses pencernaan semakin berjalan lancar. Talas juga mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, produksi gas berlebih, diare, hingga kram perut.

4. Menjaga Berat Badan

manfaat talas
Talas Bisa Menjaga Berat Badan

Karbohidrat dan serat membutuhkan waktu lebih lama saat dicerna. Oleh karena itu, talas yang kaya akan serat dan karbohidrat akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Saat perut Anda terasa kenyang, maka keinginan untuk ngemil dan konsumsi makanan lainnya pun akan berkurang. Dengan demikian, berat badan akan selalu terjaga.

5.  Menjaga Kadar Gula Darah

Tubuh yang sehat tentu memiliki kadar gula darah yang stabil. Seperti yang kita tahu bahwa kadar gula yang terlalu tinggi sangat beresiko terjadinya resistensi insulin. Jika tidak terkontrol, maka gula darah akan semakin tinggi dan menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Talas dipercaya dapat menjaga gula darah agar tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang cukup rendah.

Bukan hanya bagian umbi talas saja yang bermanfaat, daun talas pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun talas di antaranya adalah dapat mencegah kanker, meningkatkan kesehatan mata, menurunkan tekanan darah tinggi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes, membantu melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan melindungi sistem saraf.

Meski manfaat talas sangat banyak untuk kesehatan, namun perlu diingat bahwa Anda harus mencucinya hingga bersih serta dimasak dengan cara yang benar sampai benar-benar matang. Hal ini karena talas yang kotor dan kurang matang, justru dapat beresiko menyebabkan infeksi atau bahkan keracunan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan porsi talas yang dikonsumsi setiap hari. Tentunya, porsinya tidak boleh berlebihan. Untuk lebih tepatnya, silahkan konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *