Ketahui 5 Manfaat Tanaman Bayam untuk Kesehatan Tubuh

manfaat tanaman bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang identik dengan tokoh kartun Popeye. Dalam serial kartun tersebut, Popeye akan langsung mendapatkan energi setelah memakan bayam hingga bisa mengalahkan penjahat. Namun, benarkah manfaat tanaman bayam memang sedemikian besar? 

Sayuran hijau asal Asia ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin pada bayam antara lain vitamin A, C, E, K, dan B kompleks. Sementara itu, mineral yang ada pada bayam, yaitu zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, dan potasium.

5 Manfaat Tanaman Bayam Untuk Kesehatan

Selain kaya akan mineral dan vitamin, sayur bayam juga mengandung serat dan antioksidan. Sayuran hijau ini juga mengandung sedikit lemak dan kalori. Karena memiliki nutrisi yang sangat lengkap, tidak heran jika sayur ini menawarkan banyak manfaat.

1. Memperkuat Otot

manfaat tanaman bayam
Konsumsi Bayam untuk Otot Kuat

Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat memperkuat otot. Bayam berperan penting untuk mengencangkan otot pada manusia. Terutama pada bagian otot jantung.

Hal ini dikarenakan adanya faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) yang berperan sebagai antioksidan sekaligus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Peredaran darah pun semakin lancar. Koenzim pada bayam juga dapat mencegah hipertensi, gagal jantung, dan jantung koroner.

2. Mencegah Kanker 

Kandungan klorofil pada bayam sangat efektif sebagai zat penahan efek karsinogenik. Bukan hanya itu saja, sayur bayam juga dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel tumor. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian pada seorang wanita yang mengalami tumor di bagian serviks. 

3. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Mata

manfaat tanaman bayam
Pengelihatan Selalu Sehat dengan Bayam

Bayam sangat kaya akan kandungan lutein, beta-karoten,  dan xanthene yang sangat membantu menjaga fungsi mata dalam hal penglihatan. Dengan konsumsi bayam secara rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi. Dan pengelihatan akan selalu sehat.

Manfaat mengkonsumsi bayam lainnya adalah dapat membantu mengurangi rasa gatal pada mata, mengobati ulkus mata, serta mengatasi gangguan mata lainnya. Lutein dan xanthene yang terkandung dalam bayam menjadi antioksidan yang mencegah radikal bebas penyebab katarak.

4. Menjaga Tekanan Darah 

Penderita hipertensi sangat dianjurkan makan bayam karena bisa menjadi alternatif untuk menjaga tekanan darah. Kandungan potasium dalam bayam bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, folat pada bayam menurunkan resiko hipertensi karena dapat menenangkan pembuluh darah.

5. Mengelola Diabetes

manfaat tanaman bayam
Bayam Bisa Membantu Mengelola Diabetes

Asam alfa-lipoat merupakan antioksidan pada bayam yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan gula darah, serta mencegah terjadinya oksidatif. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut ternyata juga bisa menurunkan resiko neuropati perifer pada para penyandang diabetes.

Sayur bayam memang sangat kaya akan manfaat. Namun, perlu Anda ingat bahwa mengkonsumsi sayur bayam saja tentu tidak cukup untuk menangkal semua jenis penyakit di atas. Ya, menjaga seluruh kesehatan tubuh tidak bisa dilakukan hanya dengan mengkonsumsi bayam saja. 

Imbangi bayam dengan jenis makanan bergizi dan bernutrisi lainnya agar bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit. Manfaat tanaman bayam juga bisa semakin dirasakan oleh tubuh dengan rutin berolahraga, mengurangi stres, dan istirahat yang cukup. Mulai sekarang jangan lupa konsumsi sayur bayam ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *