Pahami Aneka Manfaat Vitamin B Kompleks

manfaat vitamin b kompleks

Vitamin merupakan jenis nutrisi yang esensial. Artinya, Vitamin Bukan merupakan zat alami yang bisa dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan asupan makanan sebagai sumber vitamin yang akan menunjang tubuh untuk memiliki kesehatan yang optimal. Salah satu jenis vitamin yang sangat penting untuk kesehatan adalah Vitamin B kompleks. Manfaat Vitamin B kompleks sangat banyak, sehingga jenis vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Vitamin B kompleks terdiri dari berbagai macam jenis vitamin yang larut dalam air, seperti niacin (Vitamin B3), riboflavin (Vitamin B2), thiamine (Vitamin B1),  asam pantotenat (Vitamin B5), cobalamins (Vitamin B 12), pyridoxine (Vitamin B6), asam folat, dan biotin. Setiap jenis vitamin tersebut memiliki fungsi tersendiri dan saling bekerjasama untuk menjalankan kepentingan tubuh. Sama halnya dengan jenis vitamin lainnya, Vitamin B kompleks juga mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Lalu, apa saja manfaat dari Vitamin B kompleks?

5 Aneka Manfaat dari Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan

Vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang sangat kaya manfaat. Nah berikut ini adalah daftar manfaat dari vitamin  b kompleks:

1. Melancarkan Proses Metabolisme

manfaat vitamin b kompleks
Proses Metabolisme Tubuh

Vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga dapat membantu memperbaiki pencernaan. Selain itu, Vitamin B kompleks juga mampu memproduksi asam klorida (HCl) yang fungsinya untuk memecah karbohidrat, protein, dan lemak.

2. Meningkatkan Energi

Vitamin B kompleks sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memecah karbohidrat menjadi energi. Oleh karena itu, kekurangan Vitamin B kompleks akan menyebabkan penguraian karbohidrat terganggu dan produksi energi pun menjadi tidak maksimal.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat vitamin b kompleks
Fungsi Otak

Vitamin B kompleks sangat berperan penting untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memori. Vitamin ini akan membangun sebuah perisai di sekitar saraf-saraf otak yang akan melindungi dari homosistein, yang merupakan sebuah racun bagi sel saraf. 

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Vitamin B kompleks mengandung niacin, yaitu sebuah zat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Niacin akan meningkatkan kolesterol baik serta dapat mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah, suatu penyebab terjadinya stroke dan serangan jantung.

5. Mencegah Penuaan Dini

manfaat vitamin b kompleks
Penuaan Dini

Sama seperti jenis vitamin lainnya, Vitamin B kompleks juga dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Kekurangan Vitamin B kompleks merupakan faktor penyebab terjadinya ketombe, kulit berminyak, kulit keriput, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan dermatitis.

Konsumsi Vitamin Secara Rutin

manfaat vitamin b kompleks
Minum Vitamin

Karena manfaatnya sangat banyak, maka semua orang wajib untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B kompleks pada tubuh. Dosis Vitamin B kompleks untuk dewasa adalah 1 tablet 3 kali dalam sehari. Aturan minum Vitamin B kompleks sendiri adalah dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Namun, biasanya suplemen Vitamin B kompleks ini hanya disarankan untuk seseorang yang sedang mengalami defisiensi Vitamin B saja. 

Sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa dosis Vitamin B yang dibutuhkan. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda satu sama lain, tergantung dari usia, kehamilan, jenis kelamin, atau adanya pengobatan tertentu. Untuk seseorang dengan kesehatan dan keadaan tubuh yang normal, maka bisa mendapatkan manfaat Vitamin B kompleks yang diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti daging, telur, kacang-kacangan, kubis, bayam, selada, brokoli, salmon, tuna dan jenis makanan bergizi lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *