Informasi Seputar Mata Katarak dan Pengobatannya Pada Lansia

katarak

Katarak merupakan penyakit di mana lensa mata berubah menjadi keruh serta berawan. Biasanya, penyakit ini berkembang secara perlahan dan pada awalnya tidak menyebabkan gangguan apa pun. Namun, semakin lama akan membuat penglihatan menjadi kabur hingga mengganggu aktivitas.

Kondisi ini biasanya dialami oleh para lansia, yaitu dapat terjadi di salah satu mata atau sekaligus keduanya. Namun, penyakit ini bukanlah jenis penyakit yang bisa menular. Pada umumnya, penyebab mata katarak adalah proses penuaan dan trauma yang mengakibatkan perubahan di jaringan mata. 

Sebagian besar terdiri atas air serta protein. Pertambahan usia menyebabkan lensa mata semakin tebal dan menjadi tidak fleksibel. Perubahan lensa biasanya diawali dengan warna kuning kecoklatan, kemudian semakin memburuk dengan berjalannya waktu.

Gejala mata katarak di antaranya adalah pandangan menjadi kabur, penglihatan berkabut. Selain itu, juga melihat lingkaran pada sekeliling cahaya, menurunnya fungsi penglihatan di malam hari, terasa silau ketika melihat cahaya matahari atau lampu. Serta sering mengganti ukuran kacamata.

Cara Mencegah Mata Katarak

Penyakit mata katarak sebenarnya dapat dicegah, sehingga kita tidak akan mengalaminya meskipun sudah berada di usia tua. Beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan  diantaranya yaitu:

1. Lindungi Mata dari Sinar UV

katarak
Menghindari Paparan Sinar UV Langsung

Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa meningkatkan risiko katarak. Pasalnya, sinar UV bisa merusak protein pada lensa mata. Maka dari itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Caranya dengan memakai topi lebar atau kacamata hitam saat beraktivitas di bawah paparan matahari. 

2. Periksa Kondisi Mata Secara Rutin

Setidaknya, orang dewasa harus memeriksa mata setiap dua tahun sekali ke dokter hingga usia 50 tahun. Jika usia sudah lebih dari 50 tahun, maka disarankan untuk rutin memeriksa mata. Dengan memeriksa mata secara rutin, maka bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mata sebenarnya.

3. Atur Pola Makan Sehat

katarak
Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Makanan bernutrisi dengan vitamin dan antioksidan merupakan cara untuk menjaga kesehatan mata. Aneka makanan yang sangat baik untuk mata di antaranya, buah-buahan dan sayuran yang berwarna terang. Contohnya stroberi, tomat, brokoli, bayam, paprika, serta kacang-kacangan.

4. Kurangi Minuman Beralkohol

Peminum minuman keras akan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Untuk itulah, harus berusaha mengurangi dan menghentikan kebiasaan minum minuman keras. Bukan hanya merusak kesehatan mata, konsumsi alkohol juga akan merusak organ tubuh lainnya.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

katarak
Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok juga bisa menjadi penyebab penyakit mata. Merokok akan menciptakan banyak radikal bebas di area mata. Semakin banya radikal bebas tersebut, maka penyakit mata tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok agar kesehatan mata terjaga.

Pengobatan katarak dapat dilakukan dengan operasi. Lensa mata yang keruh nantinya akan diangkat, lalu diganti menggunakan lensa tiruan. Lensa ini biasanya dibuat dari silikon atau plastik. Jika kondisi lensa tiruan tidak dapat dipasang, maka pasien harus menggunakan kacamata khusus.

Katarak pada awalnya seringkali tidak menyebabkan gangguan. Namun, kondisi ini bisa semakin parah hingga hilangnya penglihatan secara normal. Jadi, segera lakukan pencegahan terhadap risiko terjadinya mata katarak. Dengan begitu, mata akan selalu sehat dan normal sampai tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *