5 Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan

menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menjadi gambaran meningkatnya kualitas hidup dan kesehatan. Oleh karena itu, nilai-nilai kebersihan perlu ditanamkan sejak dini.

Menjaga kebersihan dapat dimulai dari kebersihan lingkungan tempat tinggal. Hal ini akan mencegah berbagai penyakit akibat virus dan bakteri yang dapat menyerang. Manfaat lainnya adalah menciptakan lingkungan yang lebih nyaman untuk ditinggali. 

Langkah Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan juga bagian dari penerapan pola hidup sehat. Hidup sehat diciptakan dari kebiasaan-kebiasaan yang sehat juga. Oleh karena itu, perlu penerapan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulainya:

1. Kurangi Penggunaan Barang Sekali Pakai

menjaga kebersihan lingkungan
Bisa dimulai dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai

Menumpuknya sampah yang dihasilkan sebenarnya berasal dari barang yang tidak dapat digunakan kembali. Parahnya, barang ini juga tidak mudah untuk terurai secara mudah di alam. Oleh karena itu, Anda dapat turut memelihara lingkungan dengan menggunakan barang daur ulang.

Memanfaatkan kembali barang yang masih dapat digunakan, akan mengurangi sampah yang menumpuk. Misalnya memanfaatkan kembali kaleng atau botol bekas untuk dijadikan wadah. Ini akan lebih hemat dan positif dibandingkan hanya menumpuknya menjadi sampah yang mengotori lingkungan.

2. Kelola Limbah Rumah Tangga

Selain mendaur ulang barang-barang untuk digunakan kembali menjadi fungsi lain, mendaur ulang sisa makanan juga dapat dilakukan. Sisa bahan makanan dapat digunakan untuk menjadi kompos. Hal ini akan lebih berguna dan lingkungan juga menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Membuang Sampah di Tempatnya

menjaga kebersihan lingkungan
Selalu ingat untuk membuang sampah di tempatnya

Pengelolaan sampah memang menjadi pekerjaan rumah yang terus menumpuk. Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebiasaan baik ini sudah harus dibiasakan sejak dini, agar terbiasa bertanggung jawab menjaga kebersihan.

Menyediakan tempat sampah dan rutin membuang sampah pada tempatnya, akan mempermudah penerapan kebiasaan baik ini. Selain itu, mengelola sampah dengan baik dapat mengurangi sumber penyakit yang bersumber dari sampah. Jadi selalu ingat untuk membuang sampah di tempatnya. 

4. Penutupan Saluran Air dan Genangan Air

Menutup saluran air menjadi tindakan yang dapat dilakukan sebagai bentuk menciptakan lingkungan yang bersih. Saluran air yang kotor tentu dapat menjadi sumber penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Karena ada banyak sekali bakteri atau kuman yang bersarang disitu. 

Saluran air yang terbuka, akan mengundang orang untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu juga akan lebih mudah dipenuhi sampah dari jalanan, yang dapat menyebabkan saluran tersumbat. Tidak hanya itu, saluran pembuangan air yang terbuka, rentan menjadi sarang nyamuk.

Oleh karena itu, penutupan saluran dan genangan air perlu dilakukan. Hal ini juga akan menghindarkan terciptanya lingkungan yang kotor sebagai tumpukan sampah. Apalagi jika musim hujan tiba, dapat mengakibatkan banjir.

5. Gotong Royong Kerja Bakti Menjaga Kebersihan Lingkungan

menjaga kebersihan lingkungan
Ajak tetangga, kerabat, dan keluarga untuk selalu gotong royong menjaga kebersihan lingkungan

Setelah dari diri sendiri dapat menjaga kebersihan lingkungan, mulai ajak lingkungan sekitar untuk ikut peduli. Kerja bakti dapat dilakukan bersama secara rutin. Mulai dari membersihkan lingkungan sekitar rumah, sampai sarana atau fasilitas umum yang ada di sekitar rumah.

Langkah di atas dapat menjadi bagian dari kepedulian terhadap lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan akan memberikan dampak baik, bagi diri sendiri dan orang lain. Sehingga tempat di sekitar Anda tinggal juga akan menjadi nyaman dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *