Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga untuk Kesehatan Pendengaran

menjaga kesehatan telinga

Tidak dapat dipungkiri masih banyak orang yang belum tahu cara menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar. Padahal, apabila kesehatan telinga tidak dijaga dengan baik, maka bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Pentingnya Merawat Kebersihan dan Kesehatan Organ Pendengaran

Pentingnya menjaga kesehatan telinga harus disadari oleh siapa saja. Merawat kesehatan telinga penting dilakukan agar terhindar dari penyakit. Beberapa masalah yang muncul, seperti telinga berdenging, infeksi telinga, gangguan pendengaran, bahkan bisa tuli mendadak.

Tidak hanya bisa mengganggu pendengaran saja, masalah yang terjadi pada bagian telinga juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan bisa menyebabkan vertigo. Oleh karena itu, wajib untuk menjaga kesehatan dan kebersihan telinga supaya keseimbangan dan pendengaran tetap sehat.

5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tepat 

1. Hindari Mendengar Suara Terlalu Keras

menjaga kesehatan telinga
Jangan Mendengarkan Musik dengan Terlalu Keras

Kebiasaan buruk yang bisa merusak telinga adalah mendengarkan musik terlalu keras. Sebaiknya, hindari mendengarkan musik dengan suara keras, terlebih pada jangka waktu lama. Apabila diharuskan bekerja pada lingkungan yang bising, dianjurkan untuk menggunakan  sumbat telinga atau ear plug.

2. Jangan Mengorek Telinga

Adanya kotoran dalam jumlah yang sedikit pada liang telinga sebenarnya merupakan hal normal. Kotoran telinga terbentuk untuk melindungi lubang telinga dari debu dan kotoran. Namun, terjadi penumpukan kotoran pada telinga seringkali membuat telinga tersumbat dan terasa gatal. 

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran pada telinga. Tetapi, kebiasaan ini ternyata dapat melukai telinga dan justru membuat kotoran masuk jauh lebih dalam. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati jika ingin membersihkan kotoran pada telinga.

3. Jaga Telinga Tetap Kering

menjaga kesehatan telinga
Jaga Telinga Tetap Kering

Telinga dalam kondisi lembab atau basah meningkatkan kemungkinan bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal inilah yang seringkali memicu infeksi dan iritasi pada telinga. Apabila ada sedikit air yang masuk ke telinga, maka segera miringkan kepala agar air mengalir dan keluar dari telinga.

4. Hindari Pemakaian Earphone yang Terlalu Sering dan Keras

Aktivitas mendengar musik menggunakan earphone memang populer. Namun, pemakaian earphone bisa menyebabkan gangguan fungsi telinga. Supaya tetap aman, sebaiknya earphone digunakan tidak melebihi satu jam. Selain itu, jangan mengatur volume terlalu keras agar tidak menyakiti telinga.

5. Periksa Telinga Secara Rutin dan Berkala ke Dokter THT

menjaga kesehatan telinga
Rutin Periksakan Telinga ke Dokter THT

Sebaiknya periksakan telinga secara rutin ke dokter. Pemeriksaan penting dilakukan agar kesehatan telinga tetap terjaga serta bisa mendeteksi sejak dini jika ada gangguan di bagian telinga. Dokter mengevaluasi kondisi dan fungsi pendengaran dengan cara pemeriksaan serta melakukan tes pendengaran.

Melalui pemeriksaan tersebut, semua gejala dan tanda penyakit pada telinga bisa terdeteksi sejak awal, sehingga tindakan penanganan terbaik dapat segera dilakukan. Hal ini akan sangat baik untuk kesehatan pendengaran. Oleh karena itu, senantiasa jaga kesehatan telinga Anda.

Menjaga kesehatan telinga sebaiknya dilakukan sejak dini. Jangan menunggu terjadinya gangguan terlebih dahulu baru kemudian melakukan perawatan. Bukankah ada istilah bahwa mencegah akan lebih baik daripada mengobati? Jadi, mari kita jaga indra pendengaran kita ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *