Mengenal Penyebab Menstruasi Tidak Lancar pada Wanita

menstruasi tidak lancar

Menstruasi merupakan proses terjadinya peluruhan dinding rahim yang menyebabkan pendarahan. Menstruasi terjadi setiap bulan pada wanita. Normalnya, periode menstruasi berlangsung setiap 21 hingga 35 hari. Waktu keluarnya perdarahan berbeda-beda pada setiap wanita, umumnya berlangsung sekitar 2 hingga 7 hari. Namun, tidak semua wanita memiliki periode menstruasi yang normal. Banyak wanita yang mengalami menstruasi tidak lancar. Lalu, apa saja gejala dan penyebab menstruasi tidak lancar?

5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar pada Wanita

Menstruasi dapat dikatakan tidak teratur saat mengalami beberapa tanda atau gejala. Nah, salah satu gejala akibat menstruasi tidak lancar adalah darah yang keluar saat menstruasi terkadang sangat banyak hingga 7 hari lebih. Tetapi, darah yang keluar juga kadang sangat sedikit. Beberapa tanda lainnya, yaitu siklus menstruasi berlangsung kurang dari 21 hari, tidak terjadi menstruasi selama lebih dari 35 hari, atau tidak menstruasi dalam kurun waktu 3 bulan secara berturut-turut. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar:

1. Stres Berat

menstruasi tidak lancar
Stress Berat Memicu Menstruasi Tidak Lancar

Saat wanita sedang dilanda stres, biasanya akan berpengaruh terhadap meningkatnya kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Secara tidak langsung, hal ini bisa mempengaruhi produksi hormon reproduksi wanita yang berperan dalam siklus menstruasi. Akibatnya, proses ovulasi atau pelepasan sel telur menjadi tidak normal dan akhirnya menyebabkan siklus menstruasi terganggu.

2. Pemakaian Alat Kontrasepsi

Penggunaan berbagai jenis alat kontrasepsi seperti pil minum atau kb spiral juga bisa meningkatkan risiko menstruasi tidak teratur. Setiap jenis alat kontrasepsi memang bisa memberikan efek samping tertentu. Salah satunya adalah bisa menyebabkan kacaunya siklus menstruasi. Hal ini disebabkan karena alat kontrasepsi dapat mengganggu kestabilan hormon reproduksi di dalam tubuh.

3. Masa Pra Menopause

menstruasi tidak lancar
Pra Menopause

Sebelum wanita memasuki masa menopause, mereka akan melewati masa transisi yang disebut sebagai masa pra menopause. Pada umumnya, sebagian besar wanita akan mengalami masa ini saat memasuki umur 40 tahun. Pada masa ini, wanita akan mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan menopause. Nah, salah satunya adalah terjadinya perubahan siklus menstruasi yang diakibatkan oleh kadar estrogen yang tidak menentu di dalam tubuh.

4. Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Tanpa kita sadari bahwa terjadinya perubahan berat badan secara ekstrim dapat menyebabkan terganggunya kerja hormon reproduksi di dalam tubuh, baik perubahan berupa penurunan atau kenaikan berat badan. Penurunan berat badan secara ekstrim akan membuat tubuh sulit memproduksi hormon estrogen yang berfungsi pada proses ovulasi. Sementara itu, penambahan berat badan bisa menyebabkan melonjaknya kadar estrogen di dalam tubuh yang berpengaruh terhadap siklus menstruasi Anda

5. Mengalami Gangguan PCOS

menstruasi tidak lancar
Gangguan PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS merupakan gangguan reproduksi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon di dalam tubuh. Wanita yang mengalami PCOS memiliki kadar hormon progesteron dan estrogen yang tak seimbang, kelebihan kadar hormon androgen yang merupakan hormon seks pada pria, atau pun memiliki kista kecil di bagian ovariumnya.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Saat wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalinya, biasanya siklus menstruasi masih sering berubah-ubah. Pada umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun hingga seorang wanita bisa memiliki siklus menstruasi yang tetap. Siklus haid, lamanya waktu haid, dan volume darah akan semakin normal seiring berjalannya waktu. 

Namun, jika siklus haid tidak kunjung normal, maka sangat perlu untuk diwaspadai. Sebaiknya, Anda segera mencari tahu mengenai apa penyebab menstruasi tidak lancar. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *