Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Menyusui Pada Ibu Pasca Melahirkan

ngantuk setelah menyusui

Merasa kantuk yang teramat sangat sering dirasakan sebagian besar Ibu setelah menyusui anaknya. Hal ini wajar, terutama pada Ibu yang menyusui bayi baru lahir. Ngantuk setelah menyusui bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi ini juga bisa ditangani dengan melakukan beberapa tips tertentu. 

Penyebab Ngantuk Setelah Menyusui 

ngantuk setelah menyusui
Hal yang Menyebabkan Kantuk Setelah Ibu Menyusui

Penyebab mengantuk setelah menyusui, bisa terjadi karena lelah terlalu repot mengurus bayi, sehingga kurang tidur. Bukan hanya itu, menurut parenting Firstcry, kantuk dapat muncul akibat hormon oksitosin. Hormon ini diproduksi oleh tubuh saat proses menyusui. 

Oksitosin merangsang emosi positif serta memperkuat ikatan batin antara Ibu dan anak. Serta, memunculkan rasa rileks dan tenang saat menyusui. Saat menyusui, tubuh juga memproduksi hormon prolaktin. Hormon ini memberikan efek yang rileks dan tenang pada tubuh.

Baik oksitosin maupun prolaktin, produksi kedua hormon ini sangat melimpah saat proses menyusui. Pasalnya, saat menyusui tubuh akan cenderung menghasilkan kedua hormon tersebut dalam jumlah yang lebih besar. Oleh karena itu, Ibu akan mudah mengantuk setelah menyusui.

Tips Agar Untuk Mengatasi Kantuk yang Terlalu Sering

Dengan rasa kantuk yang berat, ibu akan cenderung tidak bisa melakukan aktivitas apapun dan hanya ingin tidur. Walaupun wajar terjadi namun kondisi mudah mengantuk juga bisa sangat mengganggu aktivitas ibu. Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak mengantuk setelah menyusui:

1. Beristirahat Sejenak

Mengatur jam istirahat bagi Ibu hamil bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, saran utama yang dapat dilakukan untuk menghindari ngantuk setelah menyusui adalah dengan tidur nyenyak. Tidak harus tidur lama, istirahat sejenak sudah cukup mengurangi lelah dan letih setelah beraktivitas.

Supaya Ibu dapat beristirahat, minta bantuan suami atau keluarga untuk bergantian menjaga buah hati. Jangan berpikir cara ini merepotkan orang lain. Hal ini juga dilakukan untuk kebaikan si kecil tercinta. Memiliki pola tidur yang cukup dapat membuat perasaan lebih nyaman. 

2. Teratur Mengkonsumsi Makanan Bergizi

ngantuk setelah menyusui
Selalu Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Kurang makanan bergizi merupakan salah satu penyebab mengantuk setelah menyusui. Nutrisi yang ada pada tubuh Ibu akan diserap oleh bayi melalui ASI. Hal ini menyebabkan Ibu mudah lelah dan mengantuk akibat kekurangan makanan sehat.

Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, yoghurt, dan makanan bergizi lainnya. Tubuh juga membutuhkan energi yang cukup untuk menyusui. Jadi, pola makan sehat sangat dibutuhkan oleh Ibu menyusui.

3. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein Saat Menyusui

Minuman mengandung kafein seperti kopi, dipercaya dapat menghilangkan kantuk. Akan tetapi, rasa kantuk yang hilang setelah mengkonsumsi minuman berkafein hanya bersifat sementara. Setelah efek kafein menghilang, tubuh akan merasa lelah dan rasa kantuk yang muncul justru semakin berlebihan.

Ada baiknya Ibu menyusui menghindari minuman berkafein untuk mencegah kantuk. Sifat diuretik yang terkandung dalam minuman berkafein memberikan efek samping sering buang air kecil. Hal ini dapat membuat Ibu menyusui kekurangan cairan yang mengakibatkan tubuh lemas.

4. Mengalihkan Kantuk dengan Kegiatan Lain

ngantuk setelah menyusui
Menghabiskan Waktu dengan Berkegiatan Lain

Ngantuk setelah menyusui, tapi bukan pada waktu istirahat? Coba alihkan rasa kantuk dengan kegiatan lain. Contohnya adalah melakukan olahraga ringan. Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk berolahraga, maka lakukan cara lain seperti mendengarkan musik riang agar lebih bersemangat.

5. Menjaga Pikiran Tetap Tenang

Pekerjaan Ibu bukan hanya menyusui. Pada waktu yang bersamaan, Ibu juga melakukan banyak pekerjaan. Tidak sedikit Ibu yang stress pada fase ini. Hal ini juga berdampak buruk pada bayi, misalnya Ibu yang menyusui sambil marah-marah karena tidak dapat mengontrol emosi.

Meluapkan rasa letih dengan marah-marah dapat membuat energi terkuras cukup banyak. Alhasil tubuh semakin terasa lelah. Sangat disarankan untuk Ibu menyusui belajar mengontrol pikiran tetap tenang. Pikirkan hal-hal yang positif dan pastikan apa pun yang dilakukan tidak membahayakan si kecil.

Ngantuk setelah menyusui merupakan kondisi yang normal. Hampir semua Ibu menyusui mengalami kondisi ini. Lakukan tips di atas untuk mengurangi rasa kantuk yang berlebihan. Namun, jika kantuk disertai lemas, bisa jadi itu masalah kesehatan. Sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *