Kenali 5 Penyebab Nyeri Sendi pada Manusia

sendi

Nyeri sendi merupakan kondisi rasa sakit pada bagian tubuh yang menjadi penghubung antara tulang dengan tulang. Kondisi ini menyebabkan pergerakan serta kualitas hidup penderita menjadi sangat terganggu. Gangguan ini dapat berlangsung secara singkat atau bahkan berlangsung lama. Beberapa gejala yang umumnya dirasakan oleh penderitanya antara lain demam, sensasi hangat ketika tubuh disentuh, serta bengkak dan merah di area sendi. Lalu, apa saja penyebab nyeri pada bagian penghubung antar tulang ini?

5 Penyebab Nyeri Sendi 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penghubung antar tulang mengalami nyeri. Nah, berikut ini adalah 5 hal yang paling umum menjadi penyebab bagian tubuh tersebut terasa nyeri:

1. Radang Sendi

sendi
Radang pada Bagian Persendian

Lapisan jaringan persendian yang meradang disebut dengan synovitis traumatic. Saat bantalan-bantalan yang berada di sekitar bagian penghubung tulang ini menjadi meradang, kondisi ini disebut dengan bursitis. Kondisi ini umumnya terjadi karena kerusakan sendi akibat kecelakaan, sehingga mengalami cedera. Nah, cara terbaik agar terhindar dari cedera ini adalah dengan memakai pakaian pelindung serta sepatu yang tepat ketika berolahraga atau melakukan kegiatan berat lainnya.

2. Encok

Encok mengakibatkan terjadinya serangan sakit secara mendadak atau tiba-tiba, kemerahan, serta rasa nyeri pada bagian ini. Umumnya, encok terjadi  di area jempol kaki. Encok sendiri diakibatkan oleh adanya penumpukan asam urat, yaitu produk sampingan dari proses pemecahan protein. Saat kadar asam urat di dalam tubuh menjadi tinggi, maka terjadi pembentukan kristal di area penghubung tulang ini yang mengakibatkan peradangan serta sakit parah. Penumpukan kristal inilah yang menyebabkan persendian meradang dan terasa sangat menyakitkan.

3. Keseleo 

sendi
Keseleo

Mengalami keseleo dan tegang juga bisa menjadi penyebab persendiran terasa nyeri. Saat Anda mengalami ketegangan atau, ligamen bisa menjadi robek. Ligamen merupakan suatu jaringan yang menghubungkan antara tulang pada area persendian.

Keseleo umumnya terjadi saat Anda jatuh, terluka, dan menjadi salah satu penyebab nyeri sendi akibat olahraga. Ya, saat berolahraga memang sangat rentan mengalami keseleo. Pengobatan awal untuk mengatasi keseleo yaitu dengan mengistirahatkan bagian tubuh yang terluka, melakukan terapi es, dan perban atau kompres untuk menstabilkan bagian persendian yang terluka.

4. Kerusakan Tempurung Lutut

Suatu kondisi saat tulang rawan pada tempurung lutut mengalami rusak disebut dengan chondromalacia. Kondisi ini bisa terjadi pada orang muda yang aktif atau orang dewasa tua yang mengalami arthritis. Chondromalacia umumnya terjadi akibat cedera saat berolahraga secara berlebihan.

5. Arthritis

sendi
Arthritis

Penyakit Arthritis mengakibatkan kerusakan di bagian tulang rawan persendian. Kondisi ini menyebabkan terjadinya peradangan, pembengkakan, kekakuan, serta ketidakmampuan untuk bergerak secara normal. Umumnya, kondisi ini terjadi pada tangan, pergelangan tangan, pinggul, serta pada lutut.

Jika Anda mengalami nyeri sendi dengan gejala yang masih tergolong ringan, maka Anda dapat melakukan penanganan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan mengompres area sendi yang nyeri menggunakan kantong es sekitar 15-20 menit, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi obat penyakit sendi. Beberapa jenis obat pereda nyeri pada sendi dapat Anda temukan dengan mudah di apotek, yaitu paracetamol dan ibuprofen.

Jika sakit tidak kunjung reda setelah Anda melakukan perawatan sendiri di rumah, maka sangat dianjurkan untuk segera menemui dokter. Apalagi jika kemudian timbul bengkak kemerahan, muncul sensasi hangat pada bagian yang nyeri, terjadi perubahan posisi sendi, terasa sakit yang sudah tidak bisa ditahan, dan Anda mengalami kesulitan untuk bergerak. Jika gejala nyeri sendi sudah parah seperti ini, maka jangan tunda waktu untuk segera konsultasi dengan dokter dan mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *