Rekomendasi 5 Obat Ambeien Tradisional Manjur

obat ambeien

Ambeien merupakan jenis penyakit yang jumlah penderitanya cukup banyak di indonesia. Pada umumnya, penderita wasir mengalami pembengkakan pada bagian bibir anus. Bahkan, akan berdarah saat mereka mengejan terlalu keras. Sejauh ini, ada banyak jenis obat ambeien yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit wasir. Mulai dari bahan alami sampai obat-obatan medis. Sebelum mencoba berbagai obat wasir yang ditawarkan di pasaran, alangkah baiknya jika coba menggunakan bahan alami terlebih dahulu. Lalu, apa saja obat alami yang bisa mengatasi masalah wasir?

Aneka Gejala dan Penyebab Ambeien

obat ambeien
Nyeri Akibat Wasir

Sebelum membahas tentang obat-obatan tradisional yang mampu mengatasi masalah wasir, sebaiknya Anda ketahui apa saja gejala dan penyebab penyakit wasir terlebih dahulu. Nah, wasir merupakan suatu kondisi yang dapat dilihat dari beberapa gejalanya. Gejala ambeien di antaranya adalah bab berdarah dan berwarna merah namun  tidak nyeri. Gejala lainnya adalah timbul rasa gatal dan terjadi iritasi di area rektum, bengkak di area anus, muncul benjolan dan terasa nyeri di dekat anus.

Wasir dapat dipicu oleh beberapa hal. Penyebab ambeien antara lain diare atau sembelit yang berlangsung cukup lama, kebiasaan mengangkat benda berat, baru melahirkan, faktor kehamilan, kurangnya asupan makanan berserat, hingga kebiasaan duduk dengan waktu terlalu lama. Sering mengalami sembelit dan mengharuskan untuk mengejan keras pada saat bab merupakan salah satu faktor utama sering terjadinya masalah wasir.

5 Obat Ambeien Tradisional

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir. Nah, obat ambeien tradisional diantaranya yaitu:

1. Lidah Buaya

obat ambeien
Anti Inflamasi yang Terdapat Pada Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya mengandung senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi. Gel lidah buaya yang rasanya sejuk juga bisa menjadi obat wasir alami yang akan memberikan efek menenangkan. Selain itu, gel lidah buaya juga mampu melemaskan pembuluh darah yang meradang serta dapat mengurangi ukuran wasir tersebut.

2. Witch Hazel

Tanaman Witch hazel merupakan tanaman yang dapat membantu mengurangi rasa perih, nyeri, dan gatal akibat wasir. Witch hazel dipercaya sebagai tanaman yang mengandung tanin serta minyak alami. Kandungan inilah yang dapat membantu mengobati wasir karena bisa mengurangi iritasi, peradangan, dan pembengkakan di area anus.

3. Cuka Apel

obat ambeien
Mengobati Ambeien dengan Cuka Apel

Cuka apel merupakan obat alami ambeien yang cukup populer. Cara pengobatan wasir dengan cuka apel cukup mudah, yaitu hanya dengan membasahi kapas dengan sari cuka apel, kemudian oleskan perlahan pada daerah wasir. Proses ini diulangi hingga peradangan mulai menghilang serta rasa sakit telah mereda.

4. Akar Batu

Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Collinsonia canadensis, dapat dimanfaatkan sebagai racikan minuman untuk menyembuhkan wasir. Akar batu sangat baik untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Tanaman ini dipercaya mengandung zat bersifat antioksidan, diuretik, astringent, antispasmodic, tonik, dan sedatif. Sejumlah zat inilah yang membantu mengatasi masalah peradangan pada wasir, bahkan juga bisa mengatasi varises. Cara pemakaiannya, yaitu ekstrak air tanaman akar batu sebelumnya telah direbus, kemudian dioleskan langsung kepada bagian anus.

5.  Bawang Putih

Memiliki nama ilmiah allium sativum, bawang putih ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat wasir alami.  Bawang putih diketahui memiliki zat anti bakteri, anti inflamasi, dan detoksifikasi. Dalam hal ini, bawang putih berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, melindungi pembuluh darah, serta menghancurkan bakteri jahat pada usus. Cara pengobatannya adalah dengan langsung mengoleskan bawang putih pada area yang terkena wasir. Lalu, bisa juga dimakan sebagai obat secara mentah.

Meski pada umumnya obat ambeien tergolong aman, tetapi sejauh ini belum ada banyak penelitian yang menyatakan bagaimana keefektifan dan efek samping dari penggunaan obat-obatan tersebut. Jadi, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan pemeriksaan serta penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *