Kenali Obat Disengat Tawon dan Cara Mengatasinya

obat disengat tawon

Sama seperti lebah, tawon merupakan hewan yang memiliki alat penyengat sebagai sarana melindungi diri dan bertahan hidup. Sengat pada tawon umumnya mengandung racun yang disimpan pada perut serangga betina. Biasanya, sengatan tawon bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, pada orang yang memiliki alergi, sengatan tawon ini bisa berlanjut lebih parah berupa reaksi syok anafilaksis. Kondisi ini tentu sangat berbahaya dan wajib segera diberi pertolongan medis. Lantas, apa obat disengat tawon dan bagaimana cara mengatasi sengatan tawon?

Jangan Menyepelekan Sengatan Tawon

obat disengat tawon
Sengatan dari Tawon atau Lebah

Berbeda dengan lebah yang hanya bisa menyengat satu kali saja. Tawon justru bisa menyengat berkali-kali pada apa pun yang dianggap sebagai musuh. Adapun beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan saat Anda disengat tawon adalah terjadi rasa sakit dan sensasi perih pada bagian tubuh yang tersengat, bengkak, kemerahan, dan juga terasa gatal.

Meskipun umumnya sengatan serangga, baik lebah atau tawon, hanya menyebabkan gejala dan keluhan yang ringan saja. Namun, pada beberapa kondisi hal ini bisa menyebabkan masalah medis yang lebih serius, hingga bisa menyebabkan kematian. 

Hal buruk ini dapat terjadi pada orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan yang sangat sensitif terhadap racun tawon. Saat tersengat, tubuh mereka akan bereaksi secara berlebihan dengan racun tawon yang masuk. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan sengatan serangga apapun, terutama tawon.

Kenali Obat Disengat Tawon dan Pertolongan Pertamanya

Saat disengat oleh tawon, ada beberapa cara pertolongan pertama yang dapat Anda dilakukan. Berikut ini adalah cara mengobati disengat tawon:

1. Segera Keluarkan Sengat dari Tubuh

obat disengat tawon
Keluarkan Sengatan dengan Segera

Biasanya, tawon akan meninggalkan duri sengat saat menyengat tubuh. Jika Anda melihat terdapat duri yang masih menempel di kulit, maka segera keluarkan secepatnya. Caranya adalah dengan memakai benda pipih berujung datar, misalnya kartu ATM untuk menekan bagian ujung sengat yang tertanam pada kulit, lalu dorong hingga keluar.

Sebaiknya, hindari menjepit duri sengat menggunakan pinset atau jari. Hal ini berisiko mendorong sengat masuk lebih dalam lagi. Akibatnya, racun yang tersisa pada duri sengat pun bisa masuk melalui kulit.

2. Lepaskan Semua Perhiasan

Saat tersengat tawon, segera lepaskan semua aksesoris atau perhiasan, seperti gelang, cincin, atau benda lainnya yang ada di kaki, tangan, dan area tubuh lainnya yang tersengat. Semakin cepat aksesoris dilepaskan, maka akan semakin baik. Hal ini bertujuan agar perhiasan mudah dilepaskan. Saat bagian yang tersengat sudah membengkak, maka Anda akan sangat sulit untuk melepasnya.

3. Kompres Area Sengatan dengan Es

obat disengat tawon
Segera Kompres dengan Es Batu

Setelah duri tawon berhasil dikeluarkan, segera kompres bagian yang tersengat menggunakan es batu yang dibalut dengan kain bersih kurang lebih selama 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya pembengkakan serta bisa membantu meredakan rasa sakit.

4. Konsumsi Obat disengat Tawon

Untuk mengurangi rasa nyeri yang teramat sangat akibat disengat tawon, Anda bisa mengkonsumsi obat anti nyeri, misalnya paracetamol atau obat golongan antiinflamasi non steroid (OAINS). Tentunya, sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Anda juga dapat mengonsumsi obat golongan antihistamin dan mengoleskan baking soda pada area sengatan untuk mengurangi rasa gatal yang timbul.

5. Jaga Kebersihan Area Sengatan

Pastikan area sengatan tawon selalu terjaga kebersihannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi. Maka dari itu, saat tubuh yang terkena sengatan masih bengkak, Anda wajib menjaga kebersihannya. Berapa lama bengkak disengat tawon dapat sembuh total? Umumnya, pembengkakan sengatan tawon dapat membaik setelah 2-5 hari.

Jika suatu saat Anda disengat tawon, segera terapkan beberapa cara di atas. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat disengat tawon yang sesuai dengan anjuran dokter. Obat ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat sengatan racun tawon. Pastikan Anda melakukan penanganan yang tepat jika mengalami musibah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *