Manfaat Dan Cara Membuat Oralit Rumahan Yang Praktis

oralit

Oralit merupakan sebuah obat berbentuk cairan yang berguna untuk mengganti mineral dan cairan elektrolit di dalam tubuh akibat mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini umumnya muncul saat seseorang terkena diare. Kandungan dalam oralit di antaranya adalah Natrium Bicarbonate, Glucose Anhydrous, Natrium Klorida, serta CaCl2. Jika dijabarkan secara awam,  kandungannya berupa garam, air, dan gula. Karena dibuat dari campuran air, gula, dan garam, maka sering disebut pula sebagai Larutan Gula Garam (LGG).

Mengenal Aneka Manfaat Oralit

oralit
Sakit Perut

Larutan LGG dikenal sebagai obat yang mampu mengatasi masalah diare. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa fungsi larutan LGG bukan untuk mengatasi masalah diare saja. Ada jenis gangguan dan penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan konsumsi larutan LGG. Nah, berikut adalah beberapa manfaat oralit yang paling utama:

1. Mengatasi Diare

Diare merupakan penyakit yang terjadi saat penderita memiliki frekuensi buang air besar (bab) yang sangat tinggi, bahkan bisa lebih dari tiga kali dalam sehari. larutan LGG biasa digunakan oleh masyarakat sebagai pertolongan pertama saat mereka menderita diare.

Saat sedang diare, tentu bukan hanya kotoran saja yang terbuang. Cairan dalam tubuh juga ikut terbuang. Hal ini menyebabkan cairan di dalam tubuh menjadi semakin berkurang dan umumnya membuat penderitanya menjadi lemas. larutan LGG dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak hilang saat diare.

2. Mengatasi Dehidrasi Akibat Olahraga Berlebihan dan Cuaca Panas

Cuaca yang sangat panas serta melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan tentu akan membuat tubuh berkeringat. Banyaknya keringat yang keluar tentu akan mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

Mengonsumsi air putih saja ternyata masih belum cukup dan tidak efektif untuk mengatasi terjadinya dehidrasi. Hal ini karena air putih tidak mempunyai kandungan cairan elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi larutan LGG sebagai pengganti cairan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Di samping itu, Anda juga harus banyak mengonsumsi air putih.

3. Mengatasi Hiperemesis Gravidarum

Hiperemesis gravidarum merupakan kondisi yang terjadi saat ibu hamil mengalami mual dan muntah-muntah pada frekuensi yang cukup sering. Saat mengalami muntah-muntah, tubuh tentunya akan mengeluarkan banyak cairan. Apabila cairan yang hilang tersebut tidak segera diganti, tubuh tentu akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, larutan LGG diberikan untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak hilang saat mengalami kondisi ini

Cara Membuat Larutan Gula Garam Rumahan Paling Praktis

oralit
Larutan Gula Garam atau Oralit

Selain bisa dibeli di toko obat atau apotek, Anda juga bisa membuat larutan LGG sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang umumnya telah tersedia di semua rumah. Nah, berikut ini adalah cara mudah membuat oralit yang bisa Anda praktekkan di rumah:

1. Mencuci Tangan

Sebelum membuat larutan LGG, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu tujuannya supaya larutan LGG yang akan dibuat terhindar dari kontaminasi kotoran atau kuman yang menempel di tangan.

2. Memasak Air

Jika tangan Anda sudah bersih, langsung saja siapkan 1 gelas air atau sekitar 200 cc. Tuang air tersebut ke dalam panci, lalu rebus hingga hangat.

3. Mencampurkan Garam Elektrolit

Jika satu gelas air hangat sudah tersedia, langkah selanjutnya yaitu mencampurkan garam dan gula ke dalam gelas air hangat tersebut. Masukkan sebanyak satu sendok teh gula pasir, kemudian tambahkan 1/4 sendok garam.

4. Melarutkan Garam

Garam dan gula yang sudah dimasukkan ke dalam gelas air hangat, kemudian dilarutkan supaya merata. Aduklah garam dan gula tersebut menggunakan sendok. Pastikan bahwa tidak ada partikel garam dan gula yang masih terlihat.

Jika partikel garam dan gula sudah tidak terlihat, hal itu menunjukkan bahwa keduanya sudah larut merata di dalam air hangat. Nah, campuran air hangat, garam, dan gula ini pun sudah siap diminum sebagai oralit. Jika sudah siap, Anda bisa segera langsung meminumnya atau diberikan kepada anggota keluarga yang sedang mengalami diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *