Pahami Alasan Pentingnya Melakukan Operasi Asam Urat

operasi asam urat

Asam urat menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Penyakit yang menyerang sendi ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari jika sedang kambuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah operasi asam urat. 

Asam urat merupakan zat buangan yang terbentuk secara alami di dalam tubuh. Seharusnya, zat yang tidak terpakai lagi ini dikeluarkan dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Saat jumlah asam urat di dalam tubuh terlalu banyak, kondisi tersebut bisa berbahaya bila dibiarkan begitu saja. 

Pasalnya, asam urat akan membuat sendi terasa sakit dan nyeri. Biasanya, kondisi ini juga diikuti dengan gejala seperti bengkak, kemerahan, serta muncul sensasi terbakar. Jalan keluar dari masalah ini adalah dengan melakukan operasi asam urat.

Bahaya yang Mendasari Pentingnya Melakukan Operasi Asam Urat

Asam urat yang berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal padat dalam sendi. Jika dibiarkan, maka kristal tersebut akan mengakibatkan terjadinya komplikasi yang lebih berbahaya bagi kesehatan. Lalu, apa saja penyakit yang perlu diwaspadai oleh penderita penyakit asam urat?

1. Kerusakan Pada Sendi

operasi asam urat
Asam urat kronis bisa memicu kerusakan pada persendian

Asam urat yang tidak segera diobati bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada sendi. Artinya, akan terjadi kondisi dimana jaringan sendi mengalami kerusakan secara permanen. Bahkan, busa juga menyebabkan sendi menjadi bengkok atau tidak bisa bergerak sama sekali.

2. Penyakit Batu Ginjal

Komplikasi lain yang bisa diakibatkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh adalah batu ginjal. Asam urat dengan kadar yang tinggi di dalam tubuh akan membentuk kristal-kristal yang menghambat fungsi ginjal. Ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat akan berakibat fatal. 

Saat fungsi ginjal terganggu, maka penyakit yang sangat mungkin terjadi adalah penyakit gagal ginjal. Oleh karena itu, jika kondisi asam urat sudah semakin akut, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Tujuannya agar terhindar dari komplikasi.

3. Gangguan Jantung Koroner

operasi asam urat
Penyakit jantung koroner bisa terjadi akibat asam urat kronis

Kadar asam urat yang terlalu tinggi atau hiperurisemia mempunyai hubungan erat dengan penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki sebuah sindrom yang bisa mengakibatkan munculnya kelainan di bagian insulin. Kondisi ini akan menyebabkan kadar insulin dalam darah semakin meningkat. 

Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami hipertensi. Jika dibiarkan begitu saja, maka bisa berujung pada munculnya tanda atau gejala penyakit jantung koroner. Maka dari itu, jika kadar asam urat benar-benar cukup tinggi, dokter lebih menyarankan tindakan operasi.

4. Gangguan Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik merupakan kondisi ginjal sulit untuk melakukan proses pembuangan asam urat berlebih di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan asam urat menjadi kristal yang nantinya menempel di persendian tubuh. Akibat asidosis metabolik, penderita akan mengalami beberapa gejala. 

Gejala yang timbul diantaranya adalah lemas, pusing, nafas tersengal, hingga kehilangan kesadaran. Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya kehilangan nyawa. Mengingat bahayanya kondisi ini, maka asam urat yang sudah akut lebih disarankan untuk dilakukan operasi.

5. Terjadinya Tophi atau Tophus

operasi asam urat
Kondisi adanya nodul kristal pada tubuh yang disebut sebagai Tophus

Tophi atau Tophus merupakan gumpalan atau nodul kristal yang terbentuk di bawah kulit. Gumpalan ini bisa membesar serta menyebabkan rasa sakit ketika asam urat menyerang. Umumnya, Tophi menyerang seseorang yang mengalami asam urat kronis. 

Rasa sakit yang muncul bisa terjadi di kaki, lengan, serta pergelangan tangan dan kaki. Tophus akan sangat terasa sakit jika asam urat kambuh. Seiring berjalannya waktu, tophus akan menyebabkan pengikisan pada sendi dan pada akhirnya mengakibatkan terjadinya kerusakan sendi.

Itu dia beberapa bahaya asam urat jika tidak segera diobati dengan cara medis. Mengingat bahaya tersebut, maka asam urat yang kronis sangat disarankan untuk dioperasi. Operasi asam urat sangat membantu penderita untuk beraktivitas normal tanpa terganggu oleh rasa nyeri akibat asam urat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *