Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Nyeri Saat Hamil

payudara nyeri saat hamil

Kondisi payudara nyeri saat hamil merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun, seringkali banyak yang merasa khawatir. Rasa nyeri biasanya akan terjadi pada tahap trimester awal. Wanita yang sedang hamil pasti akan merasa payudaranya semakin membesar dan terasa lebih sensitif bila disentuh. 

Penyebab nyeri payudara saat hamil adalah karena pengaruh hormon. Hormon estrogen dan progesteron akan mengalami peningkatan produksi secara bersamaan. Jadi, wajar bagi seorang yang hamil mengalami pembesaran pada payudara dengan efek nyeri dan terasa lebih sensitif. 

6 Cara Mengatasi Payudara Nyeri Saat Hamil 

Penumpukan lemak dan pelebaran kelenjar susu yang dialami oleh Ibu hamil, nantinya bermanfaat untuk menyusui. Jadi, rasa nyeri pada payudara saat hamil adalah wajar. Ada beberapa cara mengatasi nyeri payudara saat hamil yang bisa dilakukan agar lebih nyaman beraktivitas: 

1. Menggunakan Ukuran Bra yang Sesuai

Salah satu langkah awal yang dianjurkan untuk meredakan rasa nyeri pada payudara adalah memperhatikan penggunaan bra. Ukuran bra harus disesuaikan dengan perubahan payudara. Pada saat hamil, payudara akan membesar, sehingga bra yang digunakan harus lebih besar.

Selain itu, jangan gunakan bra yang terdapat kawat pada bagian sisi cupnya. Bra berkawat bisa membuat payudara lebih tertekan, sehingga terasa sakit. Sebaiknya, gunakan bra dari bahan katun yang tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar, sehingga dapat terasa nyaman saat dipakai.

2. Melakukan SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri)

payudara nyeri saat hamil
Memeriksa Kondisi Payudara

Pemeriksaan payudara secara mandiri memang harus dilakukan secara rutin. Fungsinya adalah untuk memberikan kesadaran awal bila terdapat gejala kanker payudara. Saat kanker payudara masih berada di tahap pertama, maka akan lebih mudah dalam proses pengobatannya. 

Ibu hamil juga bisa melakukan pemeriksaan sendiri yang dilakukan di rumah. Caranya, dengan meraba searah jarum jam ke seluruh bagian payudara. Ibu hamil bisa melakukannya dengan berdiri di depan kaca yang besar. 

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara lain untuk menghindari rasa nyeri yang berlebihan pada payudara saat hamil yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih bisa membantu memperlancar metabolisme. Ketika metabolisme seseorang seimbang, maka proses pengeluaran zat-zat beracun bagi tubuh akan mudah dan lancar. 

4. Menghindari Penggunaan Obat-obatan Selain Anjuran Dokter

payudara nyeri saat hamil
Hindari Konsumsi Obat Tanpa Anjuran Dokter

Menghindari penggunaan obat tradisional atau obat lainnya yang bukan merupakan anjuran dokter kandungan, menjadi hal yang penting untuk dilakukan bumil. Jangan mudah terbuai dengan iklan obat terkait kehamilan. Tanyakan terlebih dahulu ke dokter, apakah aman dikonsumsi. 

5. Memberitahu Suami

Rasa nyeri biasanya dialami setelah mengalami sebuah sentuhan. Para suami, wajib mengetahui kondisi payudara istrinya saat hamil. Selain lebih menjaga untuk menghindari kontak sentuhan yang berlebihan di sekitar area payudara, mereka akan lebih berhati-hati saat melakukan hubungan suami istri. 

6. Menyenangkan diri

payudara nyeri saat hamil
Menenangkan dan Mennyenangkan Diri Sendiri Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil juga sangat perlu menyenangkan diri sendiri. Misalnya dengan mendengarkan musik klasik atau sekedar beristirahat sambil menonton televisi. Ibu hamil memang perlu melakukan hal-hal yang membuat dirinya merasa bahagia, sehingga akan memberikan efek kepada kesehatan janin. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi payudara nyeri saat hamil. Apabila setelah melakukan semua hal di atas, namun masih terdapat benjolan disertai nyeri dalam waktu yang lama. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, supaya mengetahui kondisi kesehatan tubuh yang pasti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *