Kenali Aneka Penyebab Dan Cara Mencegah Pengapuran Tulang

pengapuran

Pengapuran tulang merupakan sebuah kondisi terbentuknya jaringan tulang di bagian tepi atau bagian lainnya pada tulang yang diakibatkan oleh deposit kalsium. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Nah, salah satu faktor yang paling sering menyebabkan kondisi ini adalah osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan kondisi terjadinya peradangan sendi yang diakibatkan oleh bantalan ujung tulang yang semakin menipis seiring berjalannya waktu. Kerusakan tulang dan sendi juga bisa terjadi akibat proses penuaan.

Kerusakan tulang semacam ini seringkali tidak menimbulkan gejala bagi penderitanya. Namun, jika kondisi ini menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada struktur di sekitarnya seperti ligamen dan otot, tentunya beberapa gejala akan muncul dan seringkali mengganggu penderitanya. Kerusakan tulang dapat terdeteksi dengan melakukan pemeriksaan medical check up secara rutin serta melakukan rontgen tulang.

Mengenal Aneka Penyebab Pengapuran Tulang

Sakit di Bagian Tulang

Selain karena faktor usia, aneka kondisi yang terjadi pada tubuh juga bisa menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada tulang. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab utama pengapuran:

1. Osteoartritis yaitu jenis peradangan sendi yang mengakibatkan tulang rawan mengalami penipisan. Padahal, tulang rawan berfungsi untuk melindungi tulang. Jika tulang rawan terkikis, maka tubuh akan memberikan respons dengan melakukan penumpukan endapan kalsium berlebih di sekitar tulang.

2. Hiperparatiroidisme adalah kondisi yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon paratiroid secara berlebih. Hal ini terjadi karena kelenjar bekerja terlalu aktif. Nah, hormon paratiroid sendiri memiliki fungsi untuk menambah kadar kalsium di dalam darah. Oleh karena itu, kadar kalsium pada darah akan melebihi batas normal dan meningkatkan risiko terjadinya pengapuran pada tulang. 

3. Gangguan pada organ ginjal juga bisa menyebabkan tulang mengalami pengapuran. Saat ginjal tidak mampu bekerja dengan baik, maka kelenjar paratiroid akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan kadar kalsium pada darah. Akibatnya, kalsium pada darah akan semakin banyak dan menyebabkan pengapuran tulang. 

4. Ankylosing spondylitis merupakan penyakit genetik yang akan menyebabkan sendi-sendi antar tulang belakang mengalami gangguan peradangan. Dalam jangka panjang, terjadinya penyakit ini akan menyebabkan tulang mengalami pengapuran.

Cara Mencegah Turunnya Kekuatan Tulang

Minum Vitamin dan Suplemen Secara Rutin

Penyebab terjadinya pengapuran tulang memang cukup sulit dihindari. Hal ini mengingat bahwa secara alami dari waktu ke waktu tubuh manusia akan mengalami penurunan.  Namun, ada beberapa cara mencegah terjadinya pengapuran tulang, seperti mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi terbaik bagi tulang, melakukan olahraga secara teratur agar kebugaran dan kelenturan tubuh tetap terjaga, serta mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Perlu diingat bahwa penggunaan vitamin dan suplemen untuk tulang wajib sesuai dengan resep dokter. Selain itu, pastikan Anda menghindari kegiatan yang menyebabkan adanya pelemahan pada tulang, seperti melakukan pekerjaan berat yang sangat membebani sendi.

Lalu, pasti muncul pertanyaan siapa saja yang berpotensi pengapuran? Tentunya, siapa saja dapat berpotensi mengalami pengapuran tulang jika sejak awal tidak pandai menjaga kesehatannya. Apalagi jika Anda sering melakukan pekerjaan berat yang membuat sendi-sendi tulang merasa terbebani. Hal ini bisa semakin memperbesar risiko terjadinya pengapuran.

Apabila mengalami pengapuran tulang, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda. Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk menjalankan beberapa prosedur tertentu sesuai dengan kondisi pengapuran yang dialami, misalnya perlakuan suntik kortikosteroid atau melakukan tindakan operasi pengangkatan sendi yang rusak. Karena kondisi ini cukup berbahaya bagi kesehatan, maka jangan menunda-nunda lagi untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *