Pengaruh Rokok Untuk Kesehatan yang Sangat Berbahaya

pengaruh rokok untuk kesehatan

Adanya peringatan ‘dilarang merokok’ tentu bukan tanpa alasan. Dua kata tersebut memang sangat mudah ditemui di mana saja. Alasan rokok dilarang adalah karena banyaknya bahaya yang ditimbulkan oleh rokok pada kesehatan. Pengaruh rokok untuk kesehatan memang tidak bisa disepelekan. 

Bahkan, diperkirakan sedikitnya ada 20% kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung akibat merokok. Rokok sangat berbahaya bagi setiap organ tubuh, menimbulkan banyak penyakit, serta menurunkan kesehatan perokok aktif. Oleh karena itu merokok merupakan kegiatan yang tidak dianjurkan. 

Pengaruh Rokok untuk Kesehatan Perokok Pasif

Rokok sangat berbahaya bagi perokok aktif. Begitu juga bagi perokok pasif, yaitu mereka yang terpapar oleh asap rokok dari para perokok aktif. Bahaya rokok bagi perokok pasif sama besarnya dengan bahaya rokok bagi perokok pasif. Berikut ini adalah ulasan pengaruh rokok untuk kesehatan perokok pasif: 

1. Ibu Hamil

pengaruh rokok untuk kesehatan
Kandungan Kimia Asap Rokok Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Asap rokok memiliki kandungan  bahan kimia  berbahaya. Saat asap rokok terhirup oleh siapa saja, terlebih oleh ibu hamil, tentu akan menimbulkan masalah yang besar. Asap rokok dihirup oleh ibu hamil akan menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Dampak rokok untuk ibu hamil adalah resiko mengalami keguguran dan prematur. Selain itu, berat badan bayi lahir bisa rendah, hingga dapat menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Untuk itu, ibu hamil sebaiknya menghindari orang merokok.

2. Orang Dewasa

Menghirup asap rokok bisa meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Bukan hanya itu, seorang perokok pasif juga memiliki risiko terserang penyakit jantung koroner yang lebih tinggi. Jantung koroner akan menyebabkan penderitanya mengalami serangan jantung dan gagal jantung.

Dampak rokok untuk perokok pasif bisa menyebabkan terjadinya pengerasan arteri atau aterosklerosis. Kondisi ini terjadi akibat kolesterol, lemak, dan bahan kimia rokok terbentuk pada dinding arteri. Pengerasan arteri akan mengakibatkan penyempitan arteri, sehingga aliran darah menjadi terhalang.

3. Anak-anak

pengaruh rokok untuk kesehatan
Pengaruh Buruk Asap Rokok pada Anak-anak

Rokok tentunya juga sangat berbahaya bagi anak-anak. Asap rokok akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan pada anak-anak. Mulai dari pilek, alergi, batuk, asma, infeksi telinga, meningitis, dan gangguan pernapasan. 

Asap rokok bisa menyebabkan kemampuan akademik anak menjadi lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak terpapar asap rokok. Selain itu, anak yang dibesarkan orang tua perokok cenderung juga merokok ketika besar nanti. Berikan contoh baik bagi anak dengan berhenti merokok. 

4. Ibu Menyusui

Merokok atau menghirup asap rokok merupakan salah satu penyebab berkurangnya ASI. Merokok bisa menyebabkan produksi hormon prolaktin berkurang, sehingga produksi ASI pun akan menurun. Selain itu, kandungan bahan kimia rokok yang berbahaya juga bisa menyebabkan ASI sulit keluar.

5. Bayi

pengaruh rokok untuk kesehatan
Bahaya Asap Rokok untuk Bayi

Bayi yang sering terpapar oleh asap rokok bisa berisiko terkena penyakit pernapasan. Misalnya asma, radang paru-paru, bronkitis, infeksi sinus, serta iritasi mata. Dampak rokok untuk tubuh di kecil lainnya adalah meningkatkan risiko terkena alergi, kolik, dan cenderung mempunyai kadar HDL yang rendah. 

Perlu diingat bahwa merokok sama dengan menabung racun di dalam tubuh. Racun akan menumpuk jika merokok terus-menerus. Perokok aktif akan memiliki risiko terserang penyakit di masa tua. Bukan hanya Anda, namun orang-orang terdekat juga merasakan pengaruh rokok untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *