Kenali Ciri dan Cara Mengobati Penyakit Kencing Manis

penyakit kencing manis

Diabetes melitus merupakan penyakit autoimun yang disebabkan karena adanya gangguan pada proses pengaturan gula darah pada tubuh. Itulah alasan mengapa diabetes juga sering dinamai sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula. Kencing manis menyebabkan terjadinya penumpukan glukosa dalam darah. Kondisi ini disebabkan karena glukosa tidak mampu diserap oleh sel-sel tubuh dan akhirnya menimbulkan beragam gangguan fungsi organ tubuh. Jika penyakit diabetes tidak ditangani dan dikontrol dengan baik, maka akan timbul komplikasi yang cukup membahayakan nyawa para penderita.

Mengenal Penyebab dan Ciri Penyakit Kencing Manis

penyakit kencing manis
Mengenal Ciri Kencing Manis

Ada beberapa ciri atau tanda yang dialami oleh orang yang menderita diabetes. Nah, ciri-ciri kencing manis di antaranya adalah sering haus, sering lapar, sering buang air kecil pada malam hari, berat badan menurun drastis tanpa sebab yang pasti, massa otot berkurang, terdapat keton pada urine, pandangan sering kabur, lemas dan tidak bergairah, mengalami luka yang sulit sembuh, mulut terasa kering, mudah tersinggung, gatal-gatal, dan sering terjadi infeksi pada kulit, gusi, vagina, dan saluran kemih. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kencing manis:

1. Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 1

Para ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan atau menyerang sel-sel pankreas. Sel pankreas dalam tubuh bertugas untuk memproduksi hormon insulin. Jika mengalami penyakit ini, maka tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan jumlah cukup. Akibatnya, kadar gula semakin meningkat dan menumpuk pada tubuh.

2. Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2

Kencing manis terjadi saat hati, lemak, dan sel-sel otot pada tubuh tidak mampu merespons insulin dengan baik. Dunia medis menyebut kondisi ini sebagai resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan kondisi yang membuat sel-sel tidak mampu menerima gula darah, sehingga gula darah tidak dapat diolah menjadi bentuk energi.  Akhirnya, gula terus meningkat dan mengalami penumpukan di dalam darah. Terjadinya kadar gula darah yang tinggi ini disebut sebagai hiperglikemia.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan

penyakit kencing manis
Tes Penyakit Kencing Manis

Jika Anda menderita kencing manis, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Umumnya, dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Nah, beberapa jenis obat yang biasanya diberikan kepada pasien diabetes antara lain metformin, pioglitazone, sulfonilurea, agonis, gliptin, nateglinide, acarbose, dan repaglinide. 

Cara mengobati kencing manis tidak berhenti disitu saja. Sebaiknya, Anda juga rutin memeriksa kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah memang wajib dipantau secara rutin. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Anda bisa memakai alat khusus untuk tes gula darah, yaitu glukometer. Dengan alat ini, maka Anda bisa mengecek kadar gula darah yang hasilnya bisa diketahui saat itu juga.

Selain itu, menjaga pola makan dan gizi juga menjadi hal penting dalam mengobati penyakit diabetes. Ya, pasien diabetes memang tidak diperbolehkan makan makanan sembarangan, terlebih untuk jenis makanan manis dengan kadar gula yang tinggi. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan rendah lemak, bergizi, dan rendah kalori, makanan semacam inilah yang akan membantu untuk mengontrol kadar gula darah pada tubuh Anda. Saat Anda terbiasa dengan pola makan yang sehat, berat badan pun akan tetap ideal, kadar gula menjadi stabil, serta terhindar dari penyakit jantung. 

penyakit kencing manis
Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Kencing Manis

Hal yang tidak kalah penting bagi penderita penyakit kencing manis adalah rutin berolahraga. Manfaat olahraga bagi penderita diabetes, yaitu menurunkan berat badan turun, mempermudah insulin dalam menurunkan kadar gula, memberi banyak energi, serta membantu paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih baik lagi. 

Itulah informasi seputar penyakit kencing manis dan beberapa cara untuk mengobatinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *