Penyakit Keremian, Begini Gejala dan Cara Mengatasinya

penyakit keremian Bisa Bikin Anus Gatal

Penyakit keremian merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya cacing kremi. Cacing kremi sendiri merupakan infeksi parasit yang memiliki ukuran kecil sekitar 2 hingga 13 milimeter, yang menyerang usus besar manusia. Penularan penyakit ini bisa melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda yang terkontaminasi cacing kremi. Yuk simak ulasannya.

Gejala Cacing Kremi Dalam Tubuh

Terkadang pada beberapa kasus, adanya infeksi cacing kremi akan menimbulkan gejala. Umumnya seseorang yang mengalami infeksi akan merasakan gatal pada bagian anusnya, terutama saat malam hari. Sehingga tidur pun menjadi terganggu karena gatal yang dialami. Anus juga akan terasa sakit dan terdapat ruam. Hingga terjadi nyeri di perut dan mual.

Penyebab Adanya Infeksi Cacing Kremi

Infeksi cacing kremi bisa terjadi akibat penyebaran yang melalui kontak langsung dengan benda atau seseorang yang terkontaminasi. Telur cacing tersebut bisa masuk ke tubuh melalui mulut dan juga terkadang melalui hidung. Biasanya telur tersebut akan berada pada benda yang terkontaminasi, hingga kemudian telur akan menetap dan menetas di saluran pencernaan.

mau Obat penyakit keremian Untuk Anak dan Dewasa

Cacing kremi kemudian akan tumbuh dewasa dalam saluran pencernaan, berkembang biak dan bertelur. Umumnya cacing kremi akan bertelur dengan keluar melalui anus saat malam hari dan meletakkan telur telurnya pada lipatan kulit sekitar anus. Telur itulah yang menyebabkan gatal dan iritasi. Jika telur penyebab gatal tersebut digaruk, maka telur akan berpindah ke jari tangan.

Saat jari yang terkontaminasi tersebut memegang benda atau menyentuh orang lain, maka telur cacing akan berpindah. Kemudian kembali menyebar dan siklus hidup cacing kremi akan berulang kembali apabila tidak dicegah atau diobati. Cacing tersebut biasanya dapat bertahan di dalam usus manusia hingga 13 bulan, apabila tidak ditangani akan menyebabkan infeksi.

Komplikasi Akibat Infeksi Cacing Kremi

Adanya cacing kremi dalam organ pencernaan, pada dasarnya tidak menimbulkan kesehatan yang serius. Akan tetapi saat cacing kremi bertambah banyak, maka hal tersebut akan menyebabkan komplikasi. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita, pasalnya jumlah cacing kremi yang banyak bisa mengakibatkan peradangan pada vagina atau lapisan dalam uterus.

Pengobatan Cacing Kremi

Cacing kremi yang terdapat dalam sistem pencernaan bisa diatasi dengan pemberian obat. Karena sifat infeksi cacing kremi yang sangat mudah menyebar, untuk itu orang lain yang berada satu lingkungan dengan penderita juga harus mendapatkan pengobatan juga. Hal tersebut berguna guna mencegah terjadi penularan dan penyebaran telur cacing.

ini penyebab penyakit keremian pada anak

Umumnya beberapa obat dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing kremi. Diantaranya obat pyrantel pamoate, mebendazole, dan albendazole. Namun sebelum mengkonsumsi obat obat tersebut, ada baiknya untuk mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya dosis setiap orang berbeda dan harus disesuaikan dengan kondisi dari penderita cacing kremi.

Pencegahan Adanya Infeksi Cacing Kremi

Umumnya telur cacing kremi bisa bertahan pada suatu benda sekitar dua hingga tiga minggu. Oleh karena itu untuk bisa mencegah adanya penyebaran telur cacing, ada baiknya untuk rutin mengganti pakaian dalam dan sprei setiap hari. Selain itu, hindari juga kebiasaan menghisap jari, terutama untuk anak anak. Dan juga jangan lupa membersihkan anus setiap pagi.

Cuci pakaian atau benda benda yang mungkin terkontaminasi telur dengan air panas, dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain. Selalu biasakan mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah dari kamar mandi atau setelah mengganti popok bayi. Tidak kalah pentingnya, sebaiknya hindari menggaruk anus ketika gatal.

Meskipun tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, namun tentu saja penyakit keremian terasa sangat tidak nyaman. Apalagi jika terjadi gatal pada bagian anus. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai melakukan hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Apalagi jika berada di lingkungan yang padat dan kumuh. Semoga informasi ini bermanfaat.