Penyebab Penyakit Sumsum Tulang Belakang dan Penanganannya

penyakit sumsum tulang belakang

Penyakit sumsum tulang belakang adalah semua kerusakan yang terjadi pada sumsum tulang belakang. Kerusakan ini seringkali disebabkan oleh trauma seperti benturan atau pukulan. Penyebab cedera lainnya adalah pertumbuhan yang tidak normal.

Infeksi dan terhentinya pasokan darah ke sumsum tulang belakang juga bisa menyebabkan penyakit ini. Sumsum tulang belakang memiliki fungsi penting terkait dengan sistem saraf. Cedera yang dialami bagian ini dapat berdampak pada hilangnya kemampuan bergerak.

Selain itu juga berdampak pada sensitivitas terhadap rangsangan. Artikel berikut akan menjelaskan mengenai penyebab cedera sumsum tulang belakang, gejala utama, serta penanganannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab Penyakit Sumsum Tulang Belakang

penyakit sumsum tulang belakang
Disebabkan oleh cedera traumatis dan non-traumatis

Penyebab penyakit sumsum tulang belakang terbagi menjadi dua.  Penyebab pertama adalah cedera saraf traumatis dan penyebab kedua adalah cedera non-traumatis. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan penyebab cedera traumatis dan non traumatis pada saraf tulang belakang.

1. Cedera Traumatis

Cedera traumatis dapat terjadi akibat adanya pergeseran, patah, atau terkilirnya tulang punggung. Hal ini dapat terjadi saat melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti sepakbola. Lansia yang terjatuh kerap kali mengalami cedera sumsum tulang belakang.

Sebanyak 35 persen kasus cedera sumsum tulang belakang diakibatkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor. Cedera traumatis dapat pula terjadi akibat tindakan kekerasan. Contohnya seperti luka tembak dan luka tusuk yang menembus dan memotong saraf tulang belakang.

2. Cedera Non-Traumatis

Penyakit sumsum tulang belakang cedera non-traumatis disebabkan karena adanya penyakit lain. Contoh dari cedera ini adalah pertumbuhan abnormal yang menekan sumsum tulang belakang. Bisa juga disebabkan peradangan atau degenerasi bagian dari tulang belakang, osteoporosis, artritis, dan kanker.

Cedera sumsum tulang belakang menyebabkan beberapa hal. Umumnya seseorang akan kehilangan beberapa atau seluruh fungsi otot dan sensitivitasnya. Jika cedera terjadi di area leher, kedua lengan dan kaki dapat mengalami lumpuh total.

Cedera yang terjadi di bagian bawah sumsum tulang belakang menyebabkan kelumpuhan di kedua kaki. Kabar buruknya, tulang belakang tidak dapat memulihkan kerusakan dengan sendirinya. Cedera ini adalah penyebab umum kelumpuhan total dan kematian pada anak-anak dan dewasa.

Gejala Penyakit yang Umumnya Dirasakan Penderita

penyakit sumsum tulang belakang
Beberapa gejala yang muncul akan bergantung pada kondisi cedera

Gejala cedera sumsum tulang belakang tergantung pada bagian yang rusak dan jenis cederanya. Cedera pada sumsum tulang belakang dapat menyebabkan kehilangan sensitivitas dan fungsi otot baik sebagian maupun total. Penderita dapat mengalami kehilangan kendali kandung kemih dan usus.

Selain itu juga menyebabkan hilangnya fungsi seksual. Penyakit sumsum tulang belakang juga dapat menyebabkan komplikasi seperti sindrom disrefleksia otonom penyebab hipertensi akut. Bahkan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan ginjal.

Tindakan Pengobatan yang Disarankan

penyakit sumsum tulang belakang
Tindakan operasi untuk mengobati cedera tulang belakang

Cedera sumsum tulang belakang didiagnosis melalui uji MRI, CT scan, dan rontgen. Gambar sumsum tulang belakang dan struktur disekitarnya akan diambil. Tujuannya akan digunakan untuk mencari adanya gumpalan darah, pertumbuhan abnormal, dan fraktur.

Dokter juga melakukan pemeriksaan saraf untuk menilai tingkat keparahan dan pengobatan yang cocok. Cedera sumsum tulang belakang tidak dapat pulih. Pengobatan yang dilakukan berfungsi untuk mencegah kondisi memburuk dan membantu pasien tetap produktif.

Saat mengalami trauma, penderita akan menjalani perawatan darurat di tempat kejadian. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan tulang belakang dan leher agar kerusakan tidak bertambah parah. Operasi di rumah sakit dilakukan untuk mengembalikan posisi tulang belakang menggunakan penopang punggung.

Sebelumnya penderita mendapatkan pengobatan untuk bengkak dan radang yang dialaminya. Kemudian pengobatan dilanjutkan dengan rehabilitasi. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi normal tubuh.

Demikian ulasan mengenai penyakit sumsum tulang belakang. Karena merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan, maka jaga selalu kesehatan tubuh mu agar tidak terkena penyakit ini ya. Semoga informasi ini bermanfaat!