Berbagai Penyakit Susah Tidur yang Harus Diwaspadai 

penyakit susah tidur

Tidak sedikit orang yang mengalami sudah tidur di malam hari. Kondisi ini tentunya sangat menyiksa. Pasalnya, tubuh terasa lelah, namun mata belum mau terpejam juga. Bahkan, penyakit susah tidur ini bisa memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh. 

Inilah 5 Jenis Penyakit Susah Tidur

Tanpa disadari, susah tidur ternyata bisa menjadi gejala bahwa tubuh tengah mengalami penyakit yang cukup serius. Ya, beberapa penyakit memang bisa dikenali dari gejala sulit tidur. Oleh karena itu, jangan menyepelekan susah tidur yang terjadi secara terus-menerus. Lalu, apa saja jenis penyakit susah tidur?

1. Sleep Apnea

penyakit susah tidur
Terhalangnya saluran pernapasan pada penderita sleep apnea

Sleep apnea merupakan kondisi yang menyebabkan jalur pernapasan terhalang saat tidur. Hal ini mengakibatkan penurunan kadar oksigen dalam tubuh, bahkan bisa menyebabkan pernapasan berhenti. Sleep apnea menjadi salah satu penyakit susah tidur yang cukup sering dialami oleh masyarakat.

Terjadinya penurunan kadar oksigen membuat penderita mengalami bangun berkali-kali. Kondisi ini juga menyebabkan penderita sulit sekali untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak. Akibatnya, penderita jadi sulit tidur karena gangguan pernapasan tersebut.

2. Gangguan Tulang dan Otot

Beberapa gangguan pada tulang dan otot seperti fibromyalgia dan artritis merupakan kondisi media yang bisa menyebabkan terjadinya susah tidur. Ternyata, obat steroid yang dikonsumsi penderita artritis dapat memicu terjadinya insomnia. 

Saat menggerakan tubuh di atas tempat tidur, penderita merasakan rasa sakit. Sehingga, hal ini menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk tidur . Sementara itu, penderita fibromyalgia akan menyebabkan sulit tidur akibat terjadinya kekakuan dan rasa sakit pada tubuh.

3. Penyakit Ginjal

penyakit susah tidur
Adanya gangguan pada ginjal juga bisa menyebabkan sulit tidur

Penyakit ginjal juga bisa menyebabkan munculnya gejala susah tidur. Hal ini diakibatkan oleh penumpukan limbah metabolisme di dalam darah. Penumpukan tersebut disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal, tidak mampu untuk menyaring cairan, menyeimbangkan elektrolit, dan mengeluarkan limbah.

4. Anemia

Anemia adalah jenis penyakit dimana penderita mengalami kekurangan darah. Banyak sekali gejala penyakit anemia yang mengganggu kondisi kesehatan penderitanya. Penyakit ini juga bisa memicu terjadinya sindrom kaki gelisah atau dalam medis disebut dengan restless legs syndrome.

Sindrom kaki gelisah merupakan kondisi penderita biasanya akan mengalami sensasi ditarik atau menjalar pada kaki. Sensasi ini menyebabkan penderita akan kesulitan untuk tidur. Sehingga, kondisi ini mengakibatkan penderita kurang mendapatkan waktu untuk bisa tidur dengan nyenyak setiap hari.

5. Gagal Jantung

penyakit susah tidur
Penderita gagal jantung juga akan sangat kesulitan untuk tidur di malam hari

Gagal jantung menjadi salah satu penyakit serius yang sangat membuat orang khawatir dan takut. Pasalnya, gagal jantung yang akut bisa menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa. Bukan hanya orang tua, anak muda pun beresiko mengalami penyakit ini. 

Gagal jantung sendiri bisa dikenali dari gejala yang membuat penderita akan mengalami susah tidur. Gagal jantung akan menyebabkan menumpuknya cairan di dalam jaringan tubuh dan juga paru-paru. Penumpukan cairan ini mengakibatkan penderita mengalami sesak napas. 

Sesak napas tersebut akan muncul ketika sedang berbaring diatas tempat tidur. Gangguan pernapasan inilah yang akan membuat penderita mengalami sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu orang yang terserang gagal jantung akan sangat sulit untuk tidur. 

Itulah beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi susah tidur. Selain kelima penyakit tersebut, masih ada beberapa penyakit susah tidur lainnya yang perlu diwaspadai. Contohnya adalah nocturia, penyakit tiroid, dementia, dan Gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Setelah mengetahui penyakit susah tidur ini, diharapkan supaya Anda lebih waspada ya. Jangan sampai menyepelekan gangguan tidur yang sudah berlarut-larut. Segera periksakan diri ke dokter agar berbagai kemungkinan bisa dicegah sedini mungkin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *