Kenali Penyebab Badan Kurus dan Cara Alami Menaikkan Berat Badan

penyebab badan kurus

Badan kurus menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami banyak orang. Pasalnya, berat badan yang terlampau kurus juga bisa menjadi indikasi tidak sehat pada tubuh. Sebenarnya apa saja penyebab badan kurus?

Faktor Penyebab Badan Kurus

penyebab badan kurus
Berbagai faktor yang bisa membuat badan menjadi kurus

Faktor penyebab badan kurus diantaranya adalah faktor genetik, aktivitas fisik yang tinggi, maupun masalah psikologis. Berat badan seseorang dikategorikan dalam beberapa golongan berdasarkan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT). Berat badan ideal memiliki nilai IMT antara 18.5 – 25. 

Cara menentukan IMT adalah dengan menghitung hasil bagi antara berat badan dengan 2 kali tinggi badan. Jika nilai IMT di bawah 18.4, maka dikatakan berat badan kurang atau kurus.   Terlalu sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat juga mempengaruhi berat badan. 

Hal tersebut dikarenakan tubuh membakar lebih banyak kalori sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas fisik. Sementara itu, masalah psikis seperti stress berat, depresi, dan gangguan makan juga dapat mempengaruhi berat badan. Itu juga bisa menjadi salah satu penyebab badan kurus. 

Aneka Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

1. Menambah Asupan Kalori

Jika biasanya sarapan nasi dengan air, maka gantilah dengan susu. Bisa juga dengan menambahkan alpukat dan keju sebagai isi roti. Sering ngemil juga sangat disarankan. Pilih camilan yang tinggi kalori, misalnya cracker, roti gandum, buah, aneka kacang, selai kacang, camilan lainnya.

2. Olahraga Rutin

penyebab badan kurus
Jangan lupa untuk selalu berolahraga

Tidak semua olahraga hanya untuk menurunkan berat badan. Ada juga olahraga yang dapat menaikkan berat badan, seperti yoga dan angkat beban. Latihan yoga dan angkat beban dapat membangun otot-otot tubuh, sehingga tampak lebih kencang dan berisi.

Sebenarnya, olahraga santai seperti lari pagi dan senam juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Pada dasarnya adalah pada rutinnya olahraga itu sendiri. Tidak masalah apa saja jenis olahraganya, yang penting harus selalu rutin. 

3. Memilih Makanan yang Padat Gizi

Hindari terlalu banyak mengonsumsi junk food. Mulai sekarang, pilihlah makanan yang kaya nutrisi. Biasakan untuk menjadikan makanan padat gizi sebagai pilihan menu sehari-hari.

Misalnya, daging ayam tanpa kulit, dan daging sapi rendah lemak. Sumber karbohidrat juga perlu dipilih yang rendah glikemik, misalnya beras merah. Dengan begitu kebutuhan padat gizi bisa terpenuhi. 

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

penyebab badan kurus
Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi

Untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Setidaknya, setiap hari harus minum air putih sebanyak 6-8 gelas. Hindari minum sebelum makan berat.

Tujuannya adalah untuk menghindari rasa kenyang sebelum makan. Dengan begitu tubuh bisa tetap mengkonsumsi jumlah cairan dengan optimal. Sehingga kebutuhan cairan bisa tetap terpenuhi. 

5. Atur Pola Makan yang Baik

Pola makan yang baik bukan hanya harus teratur saja. Namun, penting juga untuk memilih jenis makanan yang memenuhi kebutuhan gizi. Pedoman standar 4 sehat 5 sempurna dapat dijadikan acuan. Pastikan tubuh terpenuhi akan kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, lemak, serat, dan mineral. 

Karbohidrat diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Makanan tinggi protein juga perlu untuk menambah massa otot tubuh. Lemak yang dibutuhkan agar badan tidak kurus adalah jenis lemak sehat (tak jenuh).

Buah, kacang-kacangan, serta gandum juga harus sering dikonsumsi. Pasalnya ini merupakan sumber mineral dan vitamin. Dengan pola makan yang baik dan diimbangi konsumsi makanan bergizi, kita bisa menaikkan berat badan secara alami dan tetap sehat. 

Itu dia beberapa penyebab badan kurus dan beberapa cara untuk menaikan berat badan secara alami. Dengan menerapkan tips di atas secara teratur, diharapkan berat badan bisa naik. Memiliki berat badan ideal memang impian setiap orang. Namun, kesehatan adalah hal yang wajib disyukuri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *