Mengenal Lebih Dekat Penyebab Hirsutisme Pada Wanita

penyebab hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi rambut wanita tumbuh dengan tebal pada bagian tubuh yang tidak biasa. Gejala berupa tumbuhnya rambut lebat pada bagian jenggot, kumis, dada, perut, leher, paha, hingga bagian punggung.  Ada beberapa penyebab Hirsutisme yang terjadi pada wanita.

Bukan hanya pertumbuhan rambut yang tidak wajar, kondisi ini juga disertai dengan gejala munculnya jerawat, suara menjadi berat, hingga kulit yang berminyak.  Penderita hirsutisme biasanya juga mengalami menstruasi yang kurang teratur. Bahkan ada yang tidak menstruasi sama sekali.

Kondisi ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama, bahkan bisa seumur hidup. Sehingga, seringkali membuat wanita yang mengalami hal ini menjadi kurang percaya diri. Berikut ini informasi selengkapnya perihal kondisi ini.

Penyebab Hirsutisme pada Wanita

Penyebab terjadinya hirsutisme yang paling umum adalah karena faktor genetik. Apabila Ibu ataupun saudara perempuan mengalami kondisi hirsutisme, maka besar kemungkinan ikut mengalaminya juga. Berikut ini adalah beberapa penyebab hirsutisme pada wanita:

1. Faktor Hormon

Hormon Menjadi Faktor Pertama Penyebab Hirsutisme

Hirsutisme terjadi karena tingginya kadar hormon androgen di dalam tubuh wanita. Bisa juga karena tubuh wanita lebih sensitif terhadap hormon ini. Androgen sendiri merupakan jenis hormon yang mengatur sifat dan karakteristik pada pria.

Pada keadaan normal, hormon androgen hanya diproduksi dalam jumlah sedikit dalam tubuh wanita. Namun jika hormon ini diproduksi berlebih maka kondisi hirsutisme bisa terjadi. Itulah yang menyebabkan tumbuhnya rambut yang berlebih pada wanita.2

2. Sindrom Polikistik

Penyebab hirsutisme yang paling umum adalah terjadinya Polycystic ovary syndrome (PCOS). Ini adalah suatu kondisi yang mengakibatkan terbentuknya kista di dalam indung telur. Kondisi yang juga menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur ini, umumnya terjadi pada wanita berusia muda.

3. Pengaruh Obat

Konsumsi Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab perubahan hormon di dalam tubuh. Hal ini pula yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi berlebihan. Beberapa jenis obat yang diketahui bisa memicu terjadinya hirsutisme adalah fenitoin, steroid, siklosporin, diazoxide, serta minoxidil.

4. Obesitas

Terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan pada seorang wanita juga bisa memicu peningkatan produksi hormon androgen di dalam tubuh. Karena kadar androgen semakin meningkat, maka pada akhirnya dapat menyebabkan wanita tersebut mengalami kondisi hirsutisme.

5. Kelainan Genetik

Faktor Kelainan Genetika juga Bisa Menjadi Pemicu

Kelainan genetik yang memicu hirsutisme adalah  hipersal adrenal kongenital. Kondisi ini mempengaruhi kelenjar adrenal dalam memproduksi androgen serta kortisol. Jumlah hormon androgen dan kortisol yang tidak normal, merupakan pemicu terjadinya hirsutisme pada wanita.

Selain kelima penyebab tersebut, hirsutisme juga diketahui bisa terjadi akibat kolesterol tinggi, diabetes melitus, atau mengalami tumor otak. Nah, apakah kondisi ini bisa diobati? Jawabannya adalah bisa.

Pengobatan hirsutisme harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Mulai dari pengobatan ringan hingga yang berat sekalipun. Pertumbuhan rambut yang terlalu lebat pada area tubuh tertentu dapat ditangani dengan mencukurnya, menggunakan make up, melakukan bleaching waxing.

Selain itu juga bisa melakukan elektrolisis, sinar laser, atau penggunaan obat tertentu sesuai yang diresepkan oleh dokter. Peran dokter juga sangat diperlukan. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antiandrogen, misalnya spironolactone.

Sebelum melakukan penanganan, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter terkait apa penyebab hirsutisme yang terjadi. Hal ini sangat penting agar bisa melakukan pengobatan atau penanganan yang tepat. Jadi, pastikan untuk konsultasikan masalah hirsutisme dengan dokter ahli terlebih dahulu.