Jangan Abaikan, Ini Dia 3 Penyebab Kutu Rambut Paling Umum

penyebab kutu rambut

Kutu rambut adalah hewan parasit berukuran kecil yang hidup dengan cara menghisap darah di kepala. Masyarakat meyakini penyebab kutu rambut adalah malas mencuci rambut atau keramas. Ternyata, anggapan ini tak sepenuhnya benar loh! 

Pada umumnya, kutu rambut akan lebih cepat menyebar jika orang tersebut berdekatan dengan orang yang berkutu. Oleh karena itu, kutu rambut biasa menjangkiti anak-anak daripada orang dewasa. Sebab, anak-anak akan memiliki frekuensi dekat dengan orang lain lebih besar. 

Gejala atau Indikasi Adanya Kutu Pada Penderita

penyebab kutu rambut
Ada beberapa gejala atau indikasi seseorang terkena kutu di rambutnya

Dalam dunia medis, kutu rambut memiliki nama pediculosis, dan tidak termasuk dalam kategori penyakit berbahaya. Meski demikian, harus segera ditangani, karena rasa gatal yang ditimbulkan bisa mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, pelajari gejala serta cara mengatasinya.

Kemunculan kutu rambut sebenarnya cukup mudah dikenali. Namun, biasanya justru ketahuan jika sudah banyak telur kutu yang menetas. Telur kutu yang sudah menetas akan berwarna putih seperti ketombe dan sulit dilepaskan dari rambut. Berikut beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi:

a. Rasa Gatal di Kepala

Gejala yang paling umum terjadi jika ada kutu rambut adalah sensasi gatal atau yang bahasa medisnya pruritus. Rasa gatal ini muncul akibat reaksi alergi yang ditimbulkan akibat gigitan kutu pada rambut. Kenapa kutu menggigit? Sebab, mereka memang menghisap darah di kepala. 

b. Benjolan Kecil di Kepala

Pada beberapa orang, kutu rambut juga bisa menyebabkan kemunculan benjolan kecil yang berwarna merah di kepala. Benjolan ini terjadi akibat terlalu sering menggaruk rambut yang terasa gatal. Wajar sih, tetapi cukup berbahaya jika sampai terjadi infeksi. 

c. Telur Kutu pada Batang Rambut

Saat bertelur, kutu akan meletakkannya di batang rambut yang cukup dekat dari kulit kepala. Tujuannya yaitu agar telur kutu senantiasa hangat dan bisa menetas. Jika sudah melihat ada serpihan yang berwarna kuning, coklat, atau bahkan putih di kepala, segeralah cek.

d. Kutu Terlihat di Kepala

Gejala terakhir yang paling mudah, yaitu munculnya kutu di rambut. Dalam satu waktu, kutu biasanya akan muncul ke permukaan. Jika kamu sudah melihat satu saja, segera lakukan penanganan dengan cepat dan tepat.

Penyebab Kutu Rambut

penyebab kutu rambut
Berdekatan dengan orang yang memiliki kutu bisa membuat kita tertular kutu

Jangan salah, mempelajari penyebab kutu rambut juga penting. Sebab, kemunculan kutu tersebut mungkin saja disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang kamu terapkan, tetapi tidak disadari. Berikut beberapa di antaranya:

a. Berinteraksi Secara Langsung

Penyebab kemunculan kutu yang paling umum adalah interaksi secara langsung terhadap orang yang “kutuan”. Selain melakukan penanganan, cobalah untuk evaluasi kira-kira siapa yang memiliki kutu di sekitar kamu. Setelah itu, hindari atau minimal jaga jarak.

b. Bertukar Barang

Kamu suka bertukar barang dengan teman, seperti helm, topi, kerudung, maupun kupluk? Hindari sekarang juga, karena benda-benda tersebut bisa menjadi penyebab kutu rambut. Begitu juga saat ingin naik ojek online, pastikan untuk membawa helm sendiri dari rumah.

c. Kamar Tidak Bersih

Menjaga kebersihan kamar tidak hanya bagus untuk kesehatan lho, tetapi juga menghindari kutu. Sebab, kutu sangat senang berada di tempat yang gelap, kotor, dan berdebu. Oleh karena itu, jangan malas bersih-bersih. Ganti sprei dan sarung bantal secara rutin.

Jika kutu sudah terlanjur muncul, maka segera lakukan penanganan secara tepat. Selain memotong rambut, ada beberapa obat yang bisa diberikan. Contohnya seperti Permethrin 1%, Malathion 0.5-1%, ataupun Gameksan 1%. 

Dapatkan obat-obatan tersebut di apotek atau berdasarkan petunjuk dokter. Pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kenali penyebab kutu rambut dan selalu jaga kebersihan, baik diri maupun lingkungan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *