Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Padahal Tidak Sakit

penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit

Sangat penting mengetahui penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit. Pasalnya, mulut dan lidah yang terasa pahit bisa menjadi tanda atau gejala dari gangguan kesehatan. Sehingga memang harus diwaspadai. 

Meski sebenarnya kondisi ini bisa tidak berbahaya, namun rasa pahit pada mulut tetap tidak boleh diabaikan. Pasalnya, terkadang gejala ini bisa menjadi tanda terjadinya gangguan kesehatan. Kondisi ini biasanya diikuti dengan penurunan nafsu makan serta enggan untuk minum air putih.

Inilah 5 Penyebab Lidah Terasa Pahit Padahal Tidak Sakit

1. Penumpukan Bakteri

penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit
Penumpukan bakteri pada mulut bisa membuat lidah terasa pahit

Penyebab pertama adalah akibat bakteri. Munculnya rasa pahit pada area mulut atau lidah bisa menjadi tanda bahwa ada penumpukan kuman atau bakteri di dalam mulut. Kondisi ini akan semakin parah jika ternyata ada gigi yang berlubang. 

Bukan hanya akan memicu rasa sakit pada gigi, mulut dan lidah pun menjadi terasa pahit. Rongga mulut adalah sebuah inkubator yang steril, lembab, dan hangat yang mengandung substansi baik untuk pertumbuhan mikroba. Sehingga memang ada banyak mikroba di dalam mulut.

Bukan hanya mikroba baik, namun ada pula mikroba penyebab bau mulut. Jika seseorang tidak teratur dalam menggosok gigi, artinya sedang membiarkan bakteri dan kuman menumpuk di mulutnya.  Oleh karena itu, penting untuk menyikat gigi secara teratur setiap hari

2. Dysgeusia

Rasa pahit yang sangat mengganggu bisa menjadi tanda bahwa terjadi gangguan kesehatan dysgeusia. Penderita merasakan asam, asin, dan pahit seperti tersentuh logam pada mulutnya. Jika kondisinya lebih parah lagi, dysgeusia bahkan bisa menyebabkan mulut berbau busuk dan terasa tengik.

3. Asam Lambung

penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit
Tingkat asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan lidah pahit

Mulut dan lidah yang terasa pahit juga sangat berkaitan erat dengan muntah atau mual. Pada umumnya, kondisi ini dipicu oleh naiknya asam lambung. Kondisi ini juga lazim disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Penyebab utama dari GERD adalah karena mengonsumsi makanan pedas, makan berlebihan, mengonsumsi makanan di waktu yang kurang tepat. Bisa juga karena faktor stres. Ketika asam lambung sedang naik, sangat umum jika diikuti dengan gejala mulut pahit dan berbau tidak sedap.

4. Faktor Hormon

Hormon juga bisa menjadi penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita yang kondisinya sedang hamil. Meningkat atau menurunnya kadar hormon estrogen yang tidak seimbang merupakan penyebab terjadinya perubahan rasa mulut menjadi pahit. 

Kondisi seperti ini juga bisa terjadi pada wanita yang sedang siklus haid. Pada wanita yang sedang hamil, morning sickness bisa menjadi penyebab utamanya. Morning sickness sendiri merupakan sebuah kondisi dimana tubuh masih menyesuaikan diri dengan perubahan baru. 

Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah. Sisa muntah yang berkumpul di mulut menyebabkan penumpukan bakteri yang mengakibatkan mulut pahit. Sehingga kondisi ini cukup wajar dialami wanita hamil.

5. Kekurangan Vitamin

penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit
Kurangnya asupan vitamin untuk tubuh bisa membuat lidah terasa pahit

Penyebab terakhir adalah kekurangan vitamin. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan, vitamin juga sangat dibutuhkan oleh semua organ serta struktur tubuh agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Kekurangan vitamin tentu bisa menyebabkan masalah atau gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kekurangan asupan vitamin B-12 serta zinc yang menyebabkan munculnya aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini juga mengakibatkan mulut dan lidah terasa pahit.

Itulah beberapa penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit. Diharapkan dengan informasi  ini kita bisa lebih menjaga kesehatan rongga mulut kita. Jika kondisi lidah yang terasa pahit terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *