Penyebab Low Back Pain pada Orang Dewasa yang Harus Diwaspadai

penyebab low back pain

Low back pain adalah nyeri yang terasa di pinggang dan tulang punggung bagian bawah. Nyeri ini biasanya terasa sampai ke bokong hingga paha. Terdapat berbagai penyebab low back pain yang harus diwaspadai. Nyeri punggung juga bisa disertai dengan spasme atau kedutan otot. 

5 Penyebab Low Back Pain pada Orang Dewasa 

Nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya adalah obesitas, terbentur atau terjatuh yang menyebabkan cedera. Selain itu, gerakan tubuh yang terlalu berlebihan, hingga mengangkat beban terlalu berat juga dapat menjadi penyebabnya. Berikut ini merupakan 5 penyebab low back pain:

1. Kerusakan Celah Sendi pada Tulang Belakang

Dengan bertambahnya usia, jaringan pada celah sendi akan semakin melemah. Akibatnya, bantalan pada tulang belakang akan semakin menonjol. Penonjolan yang terjadi akan menekan saraf-saraf tulang belakang atau saraf menjadi terjepit. Hal inilah yang akan menyebabkan rasa nyeri yang sangat sakit.

2. Otot yang Kaku 

penyebab low back pain
Low Back Pain Bisa Disebabkan oleh Otot yang Kaku

Semua orang dituntut untuk aktif bergerak dan beraktivitas agar otot-otot tubuh luwes dan tidak kaku. Otot tubuh yang kaku bisa menyebabkan dampak negatif pada kesehatan. Otot kaku sebagai akibat dari jarang bergerak bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian punggung bawah.

3. Kelainan dan Pengeroposan Tulang Belakang

Beberapa orang mungkin saja memiliki kelainan bentuk tulang belakang, seperti kifosis. Selain itu, orang dengan usia lanjut sangat rentan akan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Nah, kedua hal tersebut menyebabkan terjadinya penekanan pada saraf tulang belakang dan menimbulkan rasa nyeri.

4. Radang Sendi (arthritis)

penyebab low back pain
Mengalami Radang Sendi

Arthritis atau radang sendi bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pada sendi dan ruas-ruas tulang belakang. Hal inilah yang menyebabkan punggung bagian belakang bawah terasa nyeri. Maka dari itu, segera periksakan ke dokter jika dirasa gejala radang sendi telah muncul.

5. Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit ini menimbulkan gejala berupa nyeri punggung bagian bawah. Umumnya, nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal akan dirasakan oleh penderita pada satu sisi saja dan rasa nyeri sangat tajam.

Gejala dan Cara Mencegah Sakit di Bagian Punggung Bawah

penyebab low back pain
Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Pada umumnya, low back pain ditandai dengan beberapa gejala. Diantaranya adalah rasa nyeri pada punggung dan meluas ke bagian tubuh lainnya. Rasanya seperti disetrum listrik atau ditusuk-tusuk, nyeri semakin terasa saat berada pada posisi tertentu, misalnya ketika duduk dan berjalan.

Salah satu cara mencegah terjadinya low back pain adalah dengan mengurangi berat badan. Hal ini dikhususkan bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Berat badan yang berlebih akan menyebabkan penekanan yang lebih besar kepada tulang belakang dan otot-otot punggung bawah.

Cara mencegah nyeri punggung bagian bawah juga dapat dilakukan cara lain. Diantaranya mengurangi stres, berhenti merokok, rutin berolahraga, serta menjaga postur tubuh. Memiliki postur tubuh tegap ketika berdiri atau duduk bisa mengurangi tekanan pada otot serta tulang belakang.

Itulah beberapa penyebab low back pain serta cara untuk mencegahnya. Jika Anda sudah terlanjur mengalaminya, segera terapkan hidup sehat agar tidak semakin parah. Selain itu, jangan menunda waktu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa segera mendapatkan saran penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *