Penyebab Penyakit Meningitis, Gejala, dan Cara Pencegahannya

penyebab penyakit meningitis

Meningitis merupakan peradangan pada lapisan pelindung yang menyelimuti saraf tulang belakang dan otak atau disebut juga dengan meningen. Ada beberapa penyebab penyakit meningitis, seperti infeksi jamur, bakteri, serta parasit. Sistem imun yang lemah juga dapat memicu terjadinya meningitis.

Penyakit ini seringkali tidak mudah dikenali. Pasalnya, meningitis mempunyai gejala awal yang mirip dengan flu, yaitu hanya sekedar demam, flu, dan sakit kepala saja. Beberapa faktor lain yang dapat memicu terjadinya meningitis adalah penyakit lupus, kanker, efek samping obat atau operasi otak.

Penyebab Penyakit Meningitis

penyebab penyakit meningitis
Penyakit meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri

Dilihat dari penyebabnya, penyakit meningitis dibagi menjadi beberapa tipe. Diantaranya meningitis bakterialis, meningitis virus, meningitis jamur, dan meningitis parasit. Berikut penjelasan lengkap terkait berbagai penyebab penyakit meningitis tersebut:

1. Meningitis Bakterialis

Jenis penyakit meningitis yang satu ini disebabkan karena seseorang terpapar oleh infeksi bakteri. Perlu diketahui juga bahwa sifatnya bisa menular. Tidak heran jika harus sangat diwaspadai.

Ada beberapa bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit meningitis. Diantaranya adalah Streptococcus pneumoniae, dan Neisseria meningitidis. Selain itu, juga disebabkan oleh bakteri  Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes dan Staphylococcus aureus.

2. Meningitis Virus

Ada beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit meningitis. Jenis virus tersebut meliputi virus herpes simplex, enterovirus, virus HIV, virus mumps, dan virus west nile. Setiap jenis virus tersebut memiliki pola penularan dan penyebaran yang berbeda-beda.

Meningitis yang disebabkan oleh virus umumnya menimbulkan gejala yang ringan dan bisa pulih dengan sendirinya. Akan tetapi, ada beberapa kondisi meningitis yang disebabkan oleh virus harus diberikan perawatan medis. Jika tidak, maka kondisi kesehatan penderita bisa memburuk.

3. Meningitis Jamur

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh jamur sebenarnya cukup jarang terjadi. Pada umumnya, tipe meningitis ini lebih sering menyerang seseorang dengan sistem imun yang lemah. Contohnya adalah pada penderita kanker atau penderita AIDS.

Ada beberapa jenis jamur yang mengakibatkan penyakit meningitis. Diantaranya adalah Blastomyces, Cryptococcus, Histoplasma, serta Coccidioides. Umumnya, jenis jamur tersebut terdapat pada kotoran hewan, seperti kelelawar dan burung.

Sementara untuk penyebarannya bisa melalui debu atau tanah yang sudah terkontaminasi. Kemudian terhirup oleh pasien. Maka dari itu, harus waspada oleh penyebab meningitis yang satu ini.

4. Meningitis Parasit

Jenis parasit yang bisa memicu terjadinya penyakit meningitis adalah Baylisascaris procyonis dan Angiostrongylus cantonensis. Parasit jenis ini tidak menyebar melalui kontak langsung. Pada umumnya, parasit tersebut terdapat pada hasil bumi.

Selain itu, jenis beberapa kotoroan hewan juga bisa memicunya. Kotoran makanan, serta hewan seperti ikan, unggas, dan siput juga bisa menjadi sumber parasit tersebut. Sehingga juga harus waspada dengan jenis meningitis ini.

Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan yang Disarankan

penyebab penyakit meningitis
Sakit pada bagian leher bisa menjadi gejala meningitis

Meningitis umumnya menunjukkan gejala yang mirip dengan infeksi virus lainnya. Selain mengalami demam tinggi, penderita juga sering mengeluh sakit kepala, leher terasa kaku, muntah, dan kesadaran menurun. Dalam beberapa kasus, bahkan pasien juga mengalami kejang.

Gejala khas penyakit meningitis adalah terjadinya kaku kuduk yang bisa menunjukkan terjadinya peradangan pada meninges. Bentuk pengobatan penyakit meningitis adalah dengan mencegah terjadinya kerusakan pada otak lebih lanjut. Diperlukan campur tangan medis yang tepat.

Ada beberapa langkah yang dilakukan oleh dokter. Diantaranya adalah dengan mempertahankan fungsi dari jalan napas, menjaga kestabilan alat vital, dan memberikan antimikroba.  Selain itu, juga melakukan resusitasi cairan.

Jika ada kemungkinan bahwa penyebab penyakit meningitis tersebut adalah bakteri, maka dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik. Agar perawatan lebih maksimal, maka penderita meningitis harus dirawat di rumah sakit. Sehingga tidak bisa dirawat sendiri.

Meningitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme. Pencegahan penyakit meningitis adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Menjaga kebersihan menjadi kunci untuk terhindar dari virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan meningitis.

Mencuci tangan dan menjaga pola makan juga merupakan langkah pencegahan terhadap meningitis. Diharapkan dengan mengetahui penyebab penyakit meningitis ini, kita bisa melakukan pencegahan yang tepat. Semoga bermanfaat!