Kenali Berbagai Penyebab Perut Buncit yang Sering Terjadi

penyebab perut buncit

Perut buncit merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya penumpukan lemak di bagian perut. Ada dua macam jenis lemak yang ada di bagian perut, yaitu lemak visceral dan lemak subkutan. Lemak subkutan merupakan jenis lemak yang letaknya berada persis di bawah kulit. Lemak jenis ini bisa terlihat dan dapat dicubit. Sementara itu, lemak viseral terletak di sekitar organ dalam tubuh, sehingga tidak dapat untuk dilihat. Nah, lemak viseral inilah yang dihubungkan dengan terjadinya obesitas di dalam perut dan membuatnya menjadi membuncit. Lantas, hal apa saja yang bisa menjadi penyebab perut buncit?

Daftar Penyebab Perut Buncit 

Apakah Anda mengalami masalah perut buncit? Tahukah Anda apa saja hal yang kemungkinan menyebabkan perut Anda menjadi buncit? Ternyata, penyebab perut buncit bukan hanya makanan saja loh. Berikut ini adalah beberapa hal yang paling sering menyebabkan perut menjadi buncit:

1. Lambung Bengkak

penyebab perut buncit
Buncit Bisa Disebabkan Dari Pembengkakan Lambung

Pembengkakan lambung terjadi akibat penyakit maag parah yang tidak mendapat penanganan serius, sehingga memicu peradangan dan pembengkakan. Perut buncit bisa menjadi tanda bahwa ada banyak lemak yang memenuhi bagian rongga perut. Apabila didiamkan begitu saja, maka bisa berpengaruh terhadap organ di sekitar perut, terutama organ lambung. Ya, lemak yang didiamkan akan memicu asam lambung naik. Hal ini bisa memicu terjadinya maag dan perut buncit akibat lambung bengkak.

2. Asites

Asites merupakan kondisi di mana terdapat banyak cairan menumpuk di perut. Penumpukan cairan dapat terjadi karena adanya masalah pada hati, seperti kondisi sirosis. Sirosis sendiri merupakan kondisi saat hati sangat terluka. Pada saat asites berkembang pertama kalinya, penderita mungkin tidak merasa ada gejala apapun. Saat cairan semakin menumpuk dari waktu ke waktu, penderita baru akan menyadari bahwa perutnya semakin membengkak. 

3. Faktor Usia

penyebab perut buncit
Faktor Usia Menjadi Salah Satu Penyebab Perut Buncit

Penyebab buncit pada perut juga bisa disebabkan karena faktor usia. Sseseorang yang sudah berusia tua, otot-otot di bagian tubuhnya akan semakin berkurang. Hal ini dapat menyebabkan bagian perut tidak lagi terjaga bentuknya.

4. Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga menjadi faktor perut menjadi buncit. Terdapat banyak jenis alkohol yang cukup tinggi kalori. Salah satunya yaitu bir. Saat diminum secara berlebihan, maka akan menyebabkan tubuh menerima kalori dengan jumlah berlebihan. Akibatnya, perut lambat laun akan semakin membuncit.

5. Kurang Tidur

penyebab perut buncit
Kurang Istirahat dan Tidur Menyebabkan Buncit pada Perut

Tidur kurang bukan hanya bisa membuat seseorang menjadi mudah mengantuk, tetapi juga bisa mempengaruhi ukuran lingkar pinggang atau dalam kata lain disebut sebagai perut buncit. Tidur kurang dari 5 jam sehari merupakan kondisi yang bisa meningkatkan risiko naiknya berat badan. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam setiap harinya.

Saat memiliki perut yang buncit, pasti Anda akan merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, jangan menunda waktu lagi untuk mengecilkan perut Anda yang sudah terlanjur buncit. Misalnya dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, dan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter. Para dokter biasanya akan memberikan saran terbaik untuk mengecilkan perut Anda kembali. Dengan begitu, maka Anda bisa kembali tampil dengan percaya diri.

Nah, itu dia beberapa penyebab perut buncit yang wajib Anda ketahui. Apakah kini Anda sudah mendapatkan jawaban tentang hal apa yang membuat perut Anda menjadi buncit? Jangan hanya mencari tahu jawabannya saja, tetapi lakukan juga cara-cara yang bisa mengembalikan perut normal Anda agar tidak buncit lagi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *