Seputar Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

penyebab rambut rontok

Penyebab rambut rontok beragam. Ada karena faktor keturunan, hormonal, bahkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Gejala rambut rontok biasanya diawali dengan penipisan rambut yang terjadi secara tiba-tiba ataupun bertahap. Gejala ini bisa berlangsung sementara, bahkan ada yang permanen.

Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontok
Memahami Penyebab Rambut Rontok

Menangani rambut rontok disesuaikan dengan penyebabnya. Jika rambut rontok disebabkan karena faktor keturunan, maka tidak membahayakan bagi kesehatan. Sehingga, tidak perlu penanganan yang serius. 

Kerontokan yang disebabkan oleh faktor hormonal seperti setelah melahirkan juga tidak perlu dikhawatirkan. Biasanya, dalam waktu 6 bulan rambut akan tumbuh normal.  Berbeda jika dikarenakan kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat, maka diperlukan langkah penanganan.

5 Cara Penanganan Rambut Rontok

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Kandungan Zat Besi

Diet yang dilakukan bisa menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi, seperti protein zinc dan zat besi. Padahal, zat tersebut berpengaruh pada proses pertumbuhan rambut. Selain itu, Anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh juga menyebabkan rambut rontok. 

Sehingga, untuk mengatasi rambut rontok karena kurangnya asupan gizi dan anemia, dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Contohnya seperti kacang kedelai, sayuran berdaun hijau, hati dan daging merah. Dengan begitu rambut akan menjadi kuat kembali.

2. Kurangi Konsumsi Obat yang Tidak Sesuai Anjuran Dokter

penyebab rambut rontok
Jangan Konsumsi Obat Diluar Anjuran Dokter

Rambut rontok bisa terjadi akibat efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya obat antidepresan, obat hormonal, obat kontrasepsi, atau vitamin A dengan dosis tinggi. Selain itu juga bisa akibat dari obat untuk kanker, tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan obat-obatan lainnya. 

Sehingga, penanganan yang tepat adalah dengan mengurangi konsumsi obat yang dirasa tidak terlalu diperlukan. Konsumsi obat ini juga harus sesuai dengan anjuran dokter. Dengan pembatasan konsumsi obat itu, kemungkinan rambut rontok bisa berkurang drastis.

3. Kurangi Kebiasaan Mengganti Gaya Rambut

Terlalu sering melakukan perawatan rambut dan mengganti gaya rambut dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Terlebih jika menggunakan bahan kimia dan alat dengan panas tinggi. Untuk mengatasi kerontokan rambut ini, bisa dilakukan dengan mengurangi frekuensi kebiasaan tersebut. 

Setidaknya, maksimal seminggu sekali saja mengganti gaya rambut seperti mengeriting rambut, mencat, atau mewarnai rambut. Hindari juga menyisir rambut dalam keadaan masih basah, serta mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang. Dengan begitu rambut rontok bisa dikurangi.

4. Usahakan untuk Melindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

penyebab rambut rontok
Lindungi Rambut dengan Topi Agar Tidak Terpapar Matahari Berlebih

Terlalu sering terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Maka dari itu, selalu jaga dan lindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung. Misalnya dengan menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan dan matahari sedang terik.

5. Hindari Stress Berlebih dan Coba untuk Rileks

Tanpa disadari, kondisi tubuh yang sedang mengalami stress juga menjadi penyebab rambut rontok. Stress yang dialami biasanya yang berakibat jangka waktu panjang. Seperti akibat kecelakaan, trauma setelah operasi, stress setelah melahirkan, dan penyebab stress jangka panjang lainnya. 

Maka dari itu, untuk mencegah kerontokan rambut akibat stress yang dialami, cobalah untuk menenangkan diri dengan melakukan hal-hal menyenangkan. Selalu berfikir positif, mengendalikan persepsi diri, dan mengikhlaskan apapun yang terjadi. Dengan begitu rambut rontok bisa dikurangi. 

Itulah beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan setelah mengetahui penyebab rambut rontok. Apabila rambut rontok tidak berkurang, maka penanganan dokter akan diperlukan. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui masalah medis yang ada pada rambut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *