Perkembangan Bayi 4 Bulan Dari Segi Fisik

Perkembangan Bayi 4 Bulan Dari Segi Fisik! Mengetahui secara langsung mengenai tumbuh kembang bayi adalah masa-masa paling menyenangkan yang tidak bisa terulang kembali. Di masa tumbuh kembang ini, para orang tua selalu memberikan yang terbaik kepada para anaknya. Proses tumbuh kembang pada bayi berlangsung cukup cepat hingga tidak terasa sama sekali.

Bayi mengalami perkembangan dari bulan ke-1, 2, 3, 4, hingga seterusnya. Pada bulan ke-1, si kecil mungkin belum bisa melakukan banyak hal, begitupun pada bulan kedua. Sangat berbeda halnya dengan yang terjadi pada bulan ketiga di mana si kecil sudah bisa bergerak lincah dan sesekali mengeluarkan suara-suara kecil.

Sementara itu, pada bulan keempat, si kecil sudah bisa melakukan lebih banyak lagi seperti misalnya belajar tengkurap. Namun, dari segi fisik perkembangan bayi 4 bulan mengalami banyak peningkatan mulai dari berat badannya yang kini meningkat sampai 2 kali lipat dari berat saat ia lahir. Akan tetapi, ada beberapa hal lainnya yang juga harus ayah dan bunda perhatikan ketika memantau perkembangan bayi 4 bulan ini. Apa saja yang terjadi saat bayi berusia 4 bulan? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Belajar Merasakan Benda di Sekitarnya

Pada masa ini, si kecil sedang aktif-aktifnya dan penasaran akan semua hal yang membuatnya takjub. Apa saja yang bergerak dalam jarak pandangnya, mengeluarkan suara atau cahaya maka si kecil akan berusaha untuk memegangnya. Untuk ayah dan bunda harus lebih berhati-hati dalam menjaga si kecil. Jangan berikan mainan-mainan kecil yang disetujui adalah telan dan minta tersedak.

Apa yang Anda Ketahui Dari Perkembangan Bayi 4 Bulan?

Menegakkan Kepala

Pada perkembangan bayi 4 bulan kali ini, si kecil sudah mampu menegakkan kepala sendiri dan tidak memerlukan penopang. Meski ayah atau bunda harus selalu menjaga dan mengawasinya supaya tidak terjadi cedera dan hal lainnya. Bayi juga sudah bisa menendang dan mendorong kaki ke bawah saat diletakkan pada permukaan yang halus dan keras.

Pola Tidur yang Sudah Stabil

Masa-masa begadang sudah ayah dan bunda lewati dengan baik. Saat usia 4 bulan ini, si kecil sudah bisa mengerti dengan pola tidur yang orang tuanya ajarkan. Mereka akan tidur dengan lebih teratur dan tidak lagi membuat para orang tua begadang semalaman seperti saat usia di bawah 3 bulan.

Berputar dan Juga Berguling

Perkembangan bayi 4 bulan yang satu ini pastinya sangat membuat ayah dan bunda merasa senang. Sebab, si kecil sudah bisa berputar dan berguling-guling. Biasanya ia akan tengkurap, lalu berguling telentang. Selain itu juga bayi akan melakukan gerakan kecil lainnya seperti memasukkan tangan ke dalam mulut atau sekedar mendorong sikunya. Momen seperti ini selalu membuat para orang tua ingin merekam semua yang dilakukan oleh sang anak.

Supaya bayi bisa mendapatkan semua yang terbaik di kehidupannya pada masa ini, para orang tua harus selalu aktif dalam merangsang tumbuh kembang mereka dengan lebih maksimal. Berikan si kecil mainan yang memiliki tekstur sehingga mereka bisa memegang dan merasakannya. Terlebih, bunda dan ayah juga harus lebih aktif mengajaknya bicara atau bernyanyi agar si kecil bisa lebih lancar ketika berbicara. Poin penting adalah, jangan gunakan kata kasar dan buruk lainnya saat berbicara.

Itulah beberapa perkembangan bayi 4 bulan dan yang harus setiap orang tua perhatikan supaya si kecil bisa tumbuh dengan baik. Jaga dan awasi mereka serta lebih aktif dalam mengajarkan banyak hal. Pastikan jika ia mendapatkan semua yang terbaik di usianya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *