Si Kecil Sudah Bisa Apa Ya di Usia 5 Bulan? Ini Dia Perkembangan Bayi 5 Bulan!

Si Kecil Sudah Bisa Apa, Ya di Usia 5 Bulan? Ini Dia Perkembangan Bayi 5 Bulan! Bagaimana rasanya saat si kecil telah melewati empat bulan pertamanya? Curahkan terus perhatian dan kasih sayang padanya sepanjang waktu ya, mom, dad. Karena di usianya yang menginjak lima bulan ini bakal bikin orang tua makin gemas. Apa saja sih perkembangan bayi 5 bulan itu? Di usianya ini, dia sudah mulai mengoceh, berguling, bahkan mulai merangkak.

Perkembangan Bayi 5 Bulan yang Harus Orang Tua Tahu

Di bulan kelima ini, orang tua akan menemukan hal-hal ini pada diri si baby.

Kemampuan yang Sudah Dikuasai

Duduk tegak dan tertawa adalah dua hal yang sudah dikuasai si kecil di bulan-bulan sebelumnya.

Kemampuan Baru

Fungsi penglihatan yang dimilikinya meningkat sehingga ia sudah bisa melihat objek yang lebih kecil.

Kemampuan Lanjutan

Untuk kemampuan lanjutannya di usia ini, ia mampu mendengarkan suaranya sendiri, berbicara sendiri, dan menyemburkan makanan.

Perkembangan Bayi 5 Bulan secara Fisik

Secara fisik, ada beberapa tahapan tumbuh kembang yang harus Bunda perhatikan.

Duduk Tegak

Sebagian besar bayi sudah bisa duduk tegak untuk waktu yang lebih lama meski ia tetap membutuhkan sedikit bantuan. Berikan bantal kecil untuk menyokong punggungnya agar ia merasa lebih termotivasi untuk duduk. Secara perlahan, saat baby sudah nyaman dengan duduknya. Coba pindahkan ke high chair miliknya untuk diajak makan bersama keluarga.

Berguling

Jika sebelumnya si kecil belum pernah memulai berguling, maka ia akan mulai mencobanya. Seharusnya, ia sudah merasa nyaman untuk berguling dari posisi telentang ke posisi tengkurap. Hal ini juga menjadikan orang tua untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaganya. Jangan ditinggal sendirian ya, Bunda.

Sediakan matras atau playmat di atas lantai untuk meletakkan baby di sana, sebagai medianya berlatih juga. Hal ini agar menghindarkan si kecil jatuh dari kasur. Apalagi jika Bunda tengah sibuk membereskan rumah.

Merangkak

Hampir semua bayi berusia lima bulan mulai berani merangkak. Para bayi juga mulai senang menggendong-gendong kakinya, menggoyangkan kaki di saat siang, memegang kaki bersamaan, dan sekadar berusaha menggerakkannya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan secara Kognitif

Bukan hanya dari sisi fisik atau di usia ini ia mulai memiliki identitasnya sendiri. Sesaat ia akan memberikan gambaran atau bayangan akan menjadi baby seperti apa di bulan-bulan selanjutnya. Seperti gembira, ekspresif, rewel, atau emosional. Di usianya ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan cermat ya, Bunda.

Lebih Responsif dan Ekspresif

Salah satu perkembangan kognitif bayi usia 5 bulan adalah ia lebih responsif dan ekspresif. Ia juga akan mencoba bertatapan dengan mata orang tua dalam waktu yang lama. Bahkan mungkin, ia mencoba untuk membaca gerak bibir orang tua dan mengerti apa yang Bunda ucapkan. Tiba-tiba saja, sebagai orang tua, pasti ada sebuah kesadaran bahwa ia pun mulai mencoba untuk memahami setiap bunyi-bunyian yang didengar.

Menggenggam Lebih Baik dan Siklus Tidur yang Baik

Kemampuan lainnya yang turut berkembang adalah kemampuan menggenggamnya yang kian baik. Contohnya menggenggam botol bayi. Siklus tidurnya pun mengalami perubahan, ia bisa tidur di malam hari dengan tenang dan nyenyak apabila perutnya dalam kondisi kenyang.

Untuk perkembangan bayi 5 bulan di tahap sosial dan emosi, ia sudah ekspresif untuk mengekspresikan marah, sedih, dan lain sebagainya. Di usia ini, menjadi masa di mana Bunda dan Ayah akan gemas dengannya karena ia mulai mengoceh yang bisa membuat tertawa. Iya nggak, Bunda?M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *