Perut Kembung: Penyebab dan Cara Mengatasinya

perut kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan kesehatan, kondisi dimana perut terisi banyak gas. Sehingga, area perut tampak membesar dan penderita akan merasa tidak nyaman. Selain itu, seseorang yang mengalami perut kembung menunjukkan gejala sering kentut atau sendawa.

Kebiasaan hidup yang tidak disadari bisa menjadi penyebab kondisi ini. Contohnya, makan terlalu banyak dan terburu-buru, atau mengonsumsi minuman bersoda. Gangguan kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan perut kembung. Misalnya maag, radang usus, dan kanker.

5 Cara Mengatasi Perut Kembung

Masalah kembung yang terjadi sebenarnya bukan merupakan kondisi yang terlalu berbahaya. Kondisi perut kembung bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut merupakan 5 cara mengobati perut kembung yang bisa dilakukan di rumah.

1. Kompres Perut dengan Air Panas

perut kembung
Kompres untuk Meredakan Kembung

Cara pertama ini terbukti efektif menyembuhkan perut kembung. Siapkan air panas di wadah baskom, lalu celupkan waslap. Kompres waslap diatas perut selama kurang lebih 15 menit. Cara lainnya, masukkan air panas dalam wadah plastik. Balut dengan kain tipis, kemudian kompreskan di atas perut.

Suhu hangat dari air panas dapat membantu otot-otot di area perut menjadi kendur. Sehingga nyeri yang dirasakan dapat berkurang, dan gas di dalamnya keluar perlahan-lahan. Selain itu, pembuluh darah di area perut akan melebar dan aliran darah menjadi lancar.

2. Pijatan Ringan di Area Perut

Memijat area perut dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat kembung. Pijatan juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun, pijatan yang dilakukan di area perut tidak dapat dilakukan sembarangan. Ikuti langkah memijat perut dengan tepat.

Letakkan telapak tangan di atas tulang pinggul sebelah kanan. Tekan secara perlahan ke arah sisi kanan tulang rusuk dengan gerakan memutar. Lalu, arahkan pada perut atas, kemudian ke sisi tulang rusuk sebelah kiri.

Lanjutkan pijatan ke bawah pinggul sebelah kiri. Lakukan cara tersebut sampai perut membaik. Jika rasa nyeri tidak hilang, atau sakit perut semakin parah sebaiknya segera hentikan pemijatan.

3. Lakukan Kardio Singkat

perut kembung
Aktivitas Kardio Ringan dan Singkat

Ternyata perut kembung dapat diatasi dengan berolahraga. Olahraga yang dapat dilakukan salah satunya adalah cardio. Tidak perlu terlalu lama, cukup gunakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Olahraga ini membantu melancarkan pernapasan, detak jantung, dan merangsang otot dan syaraf.

Kondisi tersebut secara alami mendorong terjadinya kontraksi pada usus. Kontraksi pada usus melancarkan pengeluaran sisa makanan, serta mengeluarkan gas yang terdapat pada perut. Jika cardio dirasa terlalu berat, jalan kaki bisa menjadi alternatif pilihan.

4. Mengkonsumsi Antibiotik

Gas dalam perut terjadi akibat adanya bakteri jahat dalam usus. Dalam kasus ini kembung dapat diatasi dengan suplemen probiotik. Ada banyak jenis probiotik, salah satunya obat yang membantu mengurangi gas dalam perut.

5. Atasi dengan Obat Alami

perut kembung
Meredakan Kembung dengan Lemon

Jika tidak terlalu suka mengonsumsi obat-obatan, kembung dapat diatasi dengan obat alami. Salah satu obat alami yang ampuh mengobati kembung adalah minuman sari kunyit. Kandungan dalam kunyit membantu melancarkan pencernaan, sakit perut, mulas, dan perut kembung.

Selain kunyit, air perasan lemon juga bisa menjadi obat. Lemon memiliki kandungan yang bekerja menstimulasi saluran pencernaan. Ketika pencernaan lancar, tubuh dapat mengurai makanan lebih baik, menyerap nutrisi lebih banyak, dan mencegah terjadinya penumpukan gas dalam perut.

Perut kembung kerap kali datang secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi gangguan yang tidak nyaman ini, sebaiknya atasi dengan cara penyembuhan di atas. Jika kembung disebabkan oleh gangguan penyakit kronis tertentu, jangan lakukan pengobatan tanpa anjuran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *