Berbagai Bahan Alami untuk Meredakan Perut Melilit

perut melilit

Salah satu masalah perut yang sangat mengganggu adalah perut melilit. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada organ seperti usus, hati, pankreas, lambung, atau empedu. Selain itu, dapat terjadi akibat makanan beracun, atau makanan yang menghambat pencernaan.

Cara meredakan perut melilit diantaranya adalah jangan berbaring setelah makan dan hindari kegiatan yang menyebabkan penumpukan gas perut. Misalnya, merokok, minuman bersoda, makan terburu-buru, dan permen karet. Selain itu, kondisi ini dapat diobati dengan bahan alami. 

5 Bahan Alami untuk Mengobati Perut Melilit

Ada cara aman yang dapat dilakukan untuk mengobati perut melilit. Caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut bahan alami meredakan perut melilit yang sudah terbukti:

1. Jahe

perut melilit
Konsumsi Jahe yang Sangat Bermanfaat

Sejak jaman dahulu, jahe dipercaya dapat meredakan segala jenis sakit terutama perut melilit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam jahe dapat mengatasi berbagai gangguan perut, meredakan rasa mual, dan mencegah peradangan.

Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau diseduh. Cara membuat minuman dari jahe alami. Siapkan 5 cm jahe, lalu kupas dan bersihkan. Iris tipis-tipis atau digeprek, kemudian masukkan dalam satu cangkir air panas. Tambahkan gula merah atau madu jika suka seduhan manis.

2. Cuka Apel

Cuka apel salah satu obat alami yang mulai populer akhir-akhir ini. Untuk menetralkan perut melilit, minum tiga sendok makan cuka apel. Jika cuka terlalu kuat, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air dan satu sendok madu.

Cuka apel mengandung asam yang bermanfaat mengurangi pencernaan pati. Supaya pati sampai ke usus untuk menjaga bakteri baik dalam usus. Sebaiknya, minum satu sendok cuka apel setiap hari untuk mencegah perut melilit.

3. Kayu Manis

perut melilit
Adanya Berbagai Manfaat di Kayu Manis

Kayu manis mengandung beberapa antioksidan diantaranya eugenol, linalool, kamper, dan cinnamaldehyde. Antioksidan ini membantu mengurangi gangguan pencernaan, resiko iritasi, dan kerusakan yang mungkin terjadi dalam saluran pencernaan.

Kayu manis juga mengandung zat lainnya yang dapat menghilangkan rasa kram, mempermudah sendawa, dan mengurangi gas dalam perut. Obat alami ini dapat menetralkan asam lambung yang menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

Bahan alami ini dapat ditemukan dalam bentuk bubuk atau batang. Seduh satu sendok kayu manis bubuk atau satu inci batang kayu manis dalam satu cangkir air panas. Obat ini dikonsumsi dua kali sehari untuk pengobatan ataupun pencegahan.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki khasiat yang ampuh mengusir gangguan perut melilit. Ramuan alami ini dapat dikonsumsi untuk pengobatan dan penyembuhan. Selain itu, jambu biji juga dapat mengatasi sulit buang air besar.

Siapkan tiga daun jambu biji segar. Pastikan daun jambu biji sudah dicuci hingga bersih. Lalu, rebus daun jambu biji dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa satu gelas air. Angkat dan tunggu sampai dingin. Jangan lupa saring sebelum diminum. Minum ramuan ini secara rutin tiga kali sehari.

5. Kapulaga

perut melilit
Rempah-rempah Kapulaga

Satu lagi rempah-rempah yang memiliki khasiat mengobati perut melilit. Kapulaga tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, melainkan dapat mengatasi penyakit lainnya.

Cara membuat obat alami dari kapulaga. Rebus kapulaga secukupnya dengan air sebanyak 3 gelas. Lalu angkat setelah benar-benar mendidik. Tunggu sampai dingin, dan tiriskan buah kapulaga. Buah kapulaga siap dikonsumsi untuk pengobatan.

Gangguan perut melilit yang diderita oleh setiap orang disebabkan oleh faktor yang berbeda. Pengobatan dengan cara alami yang sudah terbukti seperti cara di atas dapat digunakan sebagai alternatif obat apotik. Tidak perlu khawatir karena obat tradisional tidak memberikan efek samping dan pasti aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *