Berbagai Manfaat Polifenol Bagi Kesehatan Tubuh

polifenol

Polifenol adalah suatu senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam tubuh, senyawa ini berperan menjadi antioksidan yang dapat membantu Anda untuk menurunkan risiko terkena aneka jenis penyakit. Jenis senyawa ini yang diperoleh dari bahan makanan pun sangat beragam. Lalu, apa saja jenis dan manfaat senyawa alami ini untuk kesehatan?

Mengenal Aneka Jenis dan Sumber Polifenol

polifenol
Mengenal Jenis-jenis Senyawa Alami

Polifenol bisa kita temukan pada berbagai jenis minuman dan makanan sehat. Nah, berikut ini adalah jenis polifenol dan sumbernya:

1. Flavonoid

Flavonoid merupakan kelompok pigmen yang memberi warna pada tumbuhan. Diketahui bahwa 60% dari zat senyawa ini merupakan kelompok flavonoid. Contoh zat golongan antioksidan flavonoid di antaranya adalah Isoflavon,  Flavon, Quercetin, Antosianin, Catechin, Kaempferol, dan Antosianin. Flavonoid sangat mudah ditemui pada buah, sayuran, dan makanan yang tinggi antioksidan. Beberapa di antaranya adalah jeruk, apel, mangga, anggur, srikaya, talas, sawi, bawang, teh hijau, bayam, dan coklat hitam.

2. Antosianin

Antosianin juga merupakan senyawa yang menyebabkan warna-warni pada aneka jenis sayur dan buah-buahan. Tidak hanya bertugas memberi warna saja, buah dan sayur yang mengandung zat ini pun ternyata menjadi sumber polifenol yang sangat baik untuk kesehatan.

3. Asam Fenolik

Senyawa yang termasuk golongan asam fenolik antara lain lignan dan stilben. Zat ini banyak ditemukan pada biji-bijian, buah-buahan, kopi, teh, dan gandum. 

4. Amida Polifenol

Polifenol jenis ini bisa bersumber dari capsaicin pada cabai serta avenanthramides yang ada pada gandum atau oat. Selain berperan sebagai antioksidan, senyawa Amida Polifenol juga mempunyai efek baik dalam mengurangi peradangan.

Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat polifenol untuk kesehatan tubuh: 

1. Meningkatkan Daya Ingat

polifenol
Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol secara rutin ternyata bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Alasannya karena senyawa ini mampu meningkatkan aliran darah menuju ke otak. Dengan menerapkan pola makan sehat yang mengandung banyak senyawa ini, maka Anda bisa terhindar dari risiko penurunan daya ingat. 

2. Menurunkan Gula Darah

Rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga memberikan efek baik dalam mengurangi risiko penyakit diabetes. Senyawa alami yang satu ini mampu menurunkan kadar gula serta mampu membantu tubuh untuk memproduksi dan menggunakan zat insulin secara efektif. Hal inilah yang akhirnya membuat kadar gula pada tubuh menjadi lebih stabil. 

3. Mencegah Penyakit Jantung

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa polifenol yang dikonsumsi secara rutin bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Senyawa alami ini dipercaya dapat memperbaiki fungsi dari pembuluh darah serta mampu memperlambat terjadinya penggumpalan darah. Efek antioksidan, antiradang, dan antiplatelet yang terkandung dalam senyawa inilah yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

polifenol
Mampu Mencegah Sel Kanker

Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Jenis polifenol seperti Lignan, Katekin, Quercetin, Resveratrol, dan Kurkumin terbukti mamp berperan sebagai agen antikanker, antiradang, dan antiproliferasi yang menjadi upaya pencegahan terhadap serangan kanker.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Polifenol mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada usus dan mendorong bakteri tersebut untuk melawan berbagai bakteri jahat, seperti salmonella dan E. Coli. Dengan begitu, maka kesehatan pencernaan Anda dapat selalu terjaga.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi pada polifenol ternyata juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan antioksidan akan membuat kulit Anda semakin sehat.

Itulah sejumlah manfaat dari polifenol untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat bahwa Anda hanya bisa mendapatkan manfaatnya jika mengkonsumsi bahan makanan yang kaya polifenol secara rutin. Jadi, pastikan mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi berbagai makanan atau minuman yang tinggi antioksidan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang membuat tubuh semakin sehat hingga hari tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *