Rahasia Sukses Program Hamil Bagi Pasangan Muda

program hamil

Usai menikah, banyak pasangan muda yang memiliki keinginan untuk segera dikaruniai seorang anak. Sayangnya, proses untuk hamil tidak semudah saat kita membalikkan telapak tangan. Meski Anda merasa sudah sering bercinta bersama pasangan, kehamilan yang selama ini ditunggu belum datang juga. Lantas, bagaimana cara menjalankan program hamil bagi pasangan muda agar bisa cepat memiliki momongan?

Tips Sukses Menjalankan Program Hamil Bagi Pasangan Muda

program hamil
Program Kehamilan

Meningkatkan kesuburan menjadi langkah utama agar bisa cepat hamil setelah menikah. Selain itu, Anda dan pasangan juga harus mempersiapkan beberapa hal agar bisa segera mendapatkan buah hati yang sedang dinanti. Nah, berikut ini adalah beberapa tips program hamil bagi pasangan muda agar cepat mendapatkan momongan:

1. Berhubungan Seks secara Teratur

Perlu Anda ketahui bahwa peluang sperma untuk membuahi sel telur terbilang cukup kecil, yaitu pada 4-5 hari saat menjelang masa-masa ovulasi serta pada hari terjadinya ovulasi itu sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan hubungan seks dengan pasangan pada periode ini. 

Masalahnya, penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita sering berproses dengan tidak tepat waktu, sehingga menyebabkan bergesernya masa-masa ovulasi. Nah, untuk mencegah risiko terjadinya pergeseran waktu ovulasi, disarankan bagi Anda untuk berhubungan seks bersama pasangan secara rutin, yaitu setidaknya 3-4 kali seminggu. Selain itu, pastikan juga pria mempunyai kadar sperma yang cukup serta tidak menggunakan alat kontrasepsi.

2. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

program hamil
Olahraga Teratur

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal yang penting saat Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan. Beberapa gaya hidup sehat yang harus dijalankan adalah berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi.

3. Mengkonsumsi Asam Folat

Asam folat merupakan zat yang sangat penting untuk perkembangan janin. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi tablet asam folat selama berada pada masa perencanaan kehamilan. Konsumsi asam folat juga harus berlanjut  setidaknya selama tiga bulan di awal kehamilan. Selain dikonsumsi dalam bentuk suplemen, asam folat juga bisa dikonsumsi secara alami karena banyak terkandung pada sayuran seperti bayam, brokoli, kentang, kacang hijau, dan sereal. 

4. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

program hamil
Hindari Jenis Makanan Tidak Sehat

Pastikan Anda dan pasangan menghindari kebiasaan buruk tertentu yang bisa mengganggu serta berbahaya dalam proses kehamilan. Beberapa hal yang harus ditinggalkan antara lain merokok, mengkonsumsi kafein berlebihan, minuman keras, ikan mentah, serta telur dan daging setengah matang yang rentan risiko mengandung virus atau bakteri. Pada intinya, hindarilah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan serta menurunkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Memiliki seorang anak setelah menikah merupakan dambaan bagi semua pasangan suami istri. Namun, kesempatan segera memiliki momongan setelah menikah ternyata tidak selalu terjadi pada setiap pasutri. Beberapa pasangan ada yang bisa segera mendapatkan kehamilan, tetapi banyak ada pula yang menunggu hingga bertahun-tahun sampai mereka bisa mendapatkan buah hati. 

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor penyebab gagalnya program hamil seperti obesitas, mengidap penyakit pada organ reproduksi, kurangnya intensitas dalam berhubungan seks, atau karena faktor pernah menunda kehamilan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan Anda dan pasangan selalu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan mengenai program kehamilan yang akan Anda jalani. 

Dengan melakukan konsultasi, maka Anda bisa mengetahui bagaimana cara terbaik agar bisa cepat hamil serta menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan gagalnya program hamil. Jangan lupa pula untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan. Jika ternyata ada gangguan pada kesehatan yang menyebabkan susah hamil, maka dokter akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Dengan begitu, maka keinginan memiliki buah hati bukan hanya mimpi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *