Rahasia Diet Diabetes Paling Terpercaya

diet diabetes

Seseorang yang menderita diabetes tentu harus selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Apalagi untuk jenis makanan yang tinggi karbohidrat. Hal ini karena karbohidrat pada makanan yang dikonsumsi akan diolah oleh tubuh menjadi gula. Apabila asupan karbohidrat berlebihan, hal ini bisa meningkatkan gula darah pada tubuh. Meningkatnya kadar gula darah pada penderita diabetes, menimbulkan risiko dan dampak bagi kesehatan. Oleh karena itu, penderita diabetes harus menjalankan diet diabetes yang aman bagi kesehatan, terutama dianjurkan untuk melakukan diet karbohidrat. 

Manfaat diet bagi penderita diabetes tentu sangat banyak, karena dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Lalu, bagaimana cara diet yang dianjurkan bagi para penderita diabetes?

Makanan yang Dianjurkan Untuk Diet Diabetes

diet diabetes
Makanan Sehat

Penderita diabetes tentu wajib hati-hati saat akan menyantap makanan. Selain dapat dijaga dengan proses pengobatan, diabetes juga dapat ditangani dengan menerapkan pola makan khusus yang baik sesuai terapi nutrisi medis. Pada terapi ini, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang rendah kalori dan lemak, sehingga kadar gula darah dapat tetap terkontrol.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh makanan diet diabetes terbaik untuk para penderita diabetes:

  1. Ayam tanpa kulit atau daging tanpa lemak.
  2. Makanan yang dibuat dari karbohidrat kompleks atau biji-bijian utuh, misalnya nasi merah, oatmeal, roti, ubi panggang, serta sereal.
  3. Sayuran yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau pun dikonsumsi langsung saat masih mentah. Jenis sayuran yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes salah satunya adalah bayam dan brokoli.
  4. Kacang-kacangan, dapat berupa kacang kedelai yang diolah menjadi tahu dengan cara dikukus, ditumis, atau dimasak sebagai sup.
  5. Produk olahan dari susu rendah lemak, misalnya yogurt. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi yogurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan bisa sebagai pencegah dari penyakit diabetes tipe 2.
  6. Popcorn tawar.
  7. Aneka jenis ikan, misalnya ikan salmon, tuna, makarel dan sarden. Namun, pastikan penderita diabetes menghindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, seperti ikan tongkol misalnya.
  8. Buah-buahan yang segar, baik dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus. Namun, sebaiknya jangan menggunakan tambahan gula.

Buah Bagi Penderita Diabetes

diet diabetes
Penderita Diabetes Boleh Makan Buah

Meski buah memiliki rasa manis, penderita diabetes memang tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah. Hal ini karena buah mengandung aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah, beberapa jenis buah-buahan bagi penderita diabetes yang aman dikonsumsi adalah Apel, Anggur, Jeruk, Kiwi, Beri, Pir, dan Jambu Biji.

Apabila ingin mengonsumsi buah, pilihlah jenis buah yang aman dikonsumsi oleh para seperti buah-buahan yang telah dipaparkan di atas. Selain itu, pastikan untuk memilih buah-buahan segar. Jangan mengkonsumsi manisan, buah kalengan, atau buah-buahan yang dikeringkan. Hal ini karena buah olahan semacam itu biasanya mengandung tambahan gula atau bahkan diberi pemanis buatan.

Untuk menentukan aneka jenis makanan serta pola makan yang aman untuk penderita diabetes, sebaiknya segera melakukan konsultasi diet diabetes dengan dokter gizi. Dokter gizi akan memberikan resep makanan sehat yang aman bagi penderita diabetes. Biasanya, dokter juga akan menganjurkan penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri.  Dengan menjaga pola makan yang sehat, rutin berolahraga, serta menjalani pengobatan yang tepat, maka penderita diabetes bisa memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol, sehingga resiko terjadinya komplikasi penyakit diabetes pun lebih rendah dan dapat dihindari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *