Kenali Resiko Patah Tulang Rusuk yang Bisa Mengancam Nyawa

resiko patah tulang rusuk

Tulang rusuk merupakan bagian penting dalam tubuh. Berfungsi untuk melindungi rongga dada sekaligus organ vital yang ada di dalamnya, seperti jantung serta paru-paru. Patah tulang rusuk merupakan cedera umum saat salah satu tulang rusuk ada yang mengalami retak atau bahkan patah. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh benturan dada, misalnya akibat jatuh, benturan saat olahraga, atau karena kecelakaan kendaraan bermotor.ah, salah satu tanda terjadinya cedera tulang rusuk yaitu adanya bengkak atau memar di area tulang rusuk yang mengalami cedera. Lalu, apa saja resiko patah tulang rusuk dan bagaimana ciri-cirinya?

Penyebab dan Ciri Tulang Rusuk Mengalami Gangguan

resiko patah tulang rusuk
Melihat Tanda Patah Tulang Rusuk

Salah satu penyebab utama terjadinya patah tulang rusuk adalah benturan yang langsung mengena ke bagian dada. Contohnya, ketika Anda terjatuh saat mengalami kecelakaan, dan bagian dada mengalami benturan. Untuk kasus yang lebih parah, batuk terlalu keras ternyata juga dapat menyebabkan retaknya tulang rusuk. Namun, terjadinya kondisi ini hanya memungkinkan pada pasien yang sedang mengalami penyakit tertentu yang memicu retaknya tulang rusuk. Misalnya, kanker dan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Lalu, bagaimana tanda dan ciri-ciri tulang rusuk patah? Setelah mengalami benturan di dada, pastikan Anda jangan sampai mengabaikannya. Secepatnya harus memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika Anda merasakan munculnya beberapa gejala, seperti muncul memar di bagian dada dengan disertai rasa nyeri, bagian memar tersebut terasa sangat sakit jika disentuh, dada sakit ketika mengambil napas dalam-dalam, dada semakin sakit ketika batuk, dan rasa sakit semakin parah saat menggerakan memutar badan.

Bahaya dan Resiko Patah Tulang Rusuk

resiko patah tulang rusuk
Bahaya Jika Tulang Rusuk Patah

Pada beberapa kasus, patah tulang rusuk berupa retakan saja. Dalam kondisi ini, sangat minim terjadinya komplikasi. Namun, apabila jumlah tulang rusuk yang patah cukup banyak akibat berbenturan dengan sangat keras, maka penderita akan memiliki risiko terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Tulang rusuk yang patah bisa menghasilkan tepi yang tajam. Kemungkinan bagian tepi yang tajam ini bisa menjorok ke bagian rongga dada dan perut. Tentunya, kondisi ini sangat beresiko karena membahayakan organ-organ yang berada di rongga tersebut. Berdasarkan letak patah tulang, bahaya tulang rusuk patah dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Tulang Rusuk Patah di Bagian Atas Dada

Saat kondisi ini terjadi, maka ujung tulang yang tajam bisa menusuk atau merobek pembuluh darah besar yang ada di dalam rongga dada. Akibatnya, bisa terjadi pendarahan yang sangat serius dan mengancam nyawa.

2. Patah Tulang Rusuk di Bagian Tengah Dada

resiko patah tulang rusuk
Patahnya Tulang Rusuk di Bagian Tengah Dada

Jika tulang rusuk yang patah berada di bagian tengah dada, maka ujung tulang yang tajam dapat mencederai atau bahkan menusuk paru-paru. Terjadinya cedera paru nantinya akan menyebabkan paru-paru mengalami pendarahan dan mengempis. Tentu hal ini tidak kalah berbahaya mengingat bahwa paru-paru juga merupakan organ vital pada tubuh.

3. Tulang Rusuk Patah di Bagian Bawah Dada

Apabila terjadi kondisi seperti ini, maka ujung tulang yang tajam akan mencederai organ ginjal, hati, atau limpa. Apabila organ-organ di dalam rongga perut ini mengalami cedera, maka bisa menyebabkan pendarahan dan sangat membahayakan nyawa.

Patah tulang rusuk ringan umumnya bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu sekitar 6 minggu. Namun, patah tulang rusuk bisa berubah mengancam nyawa jika kondisinya semakin serius. Mengingat besarnya resiko patah tulang rusuk, maka sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter setelah mengalami cedera di bagian dada. Dokter pastinya akan memberikan penanganan yang paling sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *